21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pembangunan RSUD Bukittinggi Capai 71 Persen

BUKITTINGGI, KP – Pekerjaan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bukittinggi semakin menunjukkan progres yang membanggakan. Hingga saat ini progres RSUD Bukittinggi sudah mencapai 71 persen.

Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias, mengaku puas dengan hasil kerja pelaksana pembangunan RSUD. Di mana bangunan yang dirancang sangat representatif dan menarik akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat atau pasien yang berobat nantinya.

“Ini sangat luar biasa. Kita bisa lihat dari depan dan setiap ruangannya memiliki sarana prasarana yang memadai. Alat kesehatannya juga sudah dipesan dari Jerman. InsyaAllah dalam waktu dekat akan tiba di sini,” ungkap Wako Ramlan saat meninjau pembangunan RSUD bersama Sekda H. Yuen Karnova, Kadis Kesehatan Yandra Feri dan Kadis PU-PR Rahmat AE, Selasa (22/9).

Dikatakannya, pembangunan RSUD telah dimulai sejak tahun 2018 dengan anggaran sebesar Rp 102 Miliar lebih, dengan skema pembangunan tahun jamak. Dan ditarget selesai pada November 2020 karena ada adendum (penambahan pekerjaan). “RSUD ini ditarget selesai November 2020 mendatang, karena ada adendum berupa pembuatan rumah kubikal PLN, rumah pompa, penimbunan jalan dan dudukan alat operasi,” ungkapnya.

Kemudian Wako Ramlan juga menjelaskan, pembangunan RSUD ditujukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar di Kota Bukittinggi, karena hingga saat ini Bukittinggi belum mempunyai Rumah Sakit Daerah. Rumah sakit yang ada di Bukittinggi saat ini, seperti Rumah Sakit Stroke Nasional (RSSN) milik Pemerintah Pusat, Rumah sakit Ahmad Muktar (RSAM) Milik Provinsi, RST milik TNI, RS Yarsi dan Madina milik Swasta.

Dengan kondisi itu, Pemko Bukittinggi tidak dapat mengeluarkan kebijakan untuk inovasi dan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Atas dasar itulah, kami mengambil keputusan membangun Rumah Sakit Umum Daerah, sehingga diharapkan nantinya pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan lebih baik. Insyaallah di akhir tahun 2020 ini RSUD Bukittinggi selesai dan diresmikan serta dioperasionalkan untuk masyarakat Bukittinggi,” tukasnya. (eds)