18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Ular Kobra 3 Meter Menyelinap Masuk Rumah Warga di Padang

PADANG, KP – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang mengevakuasi seekor ular king kobra sepanjang tiga meter yang ditemukan dalam rumah wargadi Jalan Karang Putih, RT02/RW/02, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Senin sore (21/9), sekitar pukul 17.35 WIB.

“Awalnya kami dapat laporan dari pemilik rumah bahwa ada ular di dalam rumahnya tepatnya di bawah meja belajar. Kami langsung mengerahkan lima personel menuju lokasi dan melakukan penangkapan terhadap ular tersebut,” ujar Kabid Ops Damkar Kota Padang Basril, Selasa(22/9).

Tidak ada kesulitan khusus saat mengevakuasi ular king kobra yang diperkirakan memiliki panjang tiga meter itu.

“Petugas sangat berhati-hati karena king kobra ini sangat berbisa. Jika salah taktik bisa mengakibatkan risiko tinggi dan menyebabkan kematian,” sebutnya.

Proses penangkapan ular itu berlangsung sekitar 30 menit. Petugas menangkap dengan tongkat penjepit di bagian kepala ulardan menarik ekornya. Kemudian mulut ular itu dilakban agar tidak menyerang dan mengeluarkan bisa. Setelah ditangkap ular itu dibawa ke kantor Damkar kemudian diserahkan kepada komunitas pencipta reptil.

Basril menghimbau kepada masyarakat apabila menemukan ular, terutama jenis kong kobra jangan dilempar dan dipukulkarena hewan liar itu akan melakukan perlawanan.

Sementara, pengurus komunitas pecinta reptil Kota Padang, Danu, mengatakan ular king kobra biasanya hidup di kawasan perbukitan dengan kontur berbatuan. Ular itu sangat berbisa dan berbahaya.“Ular yang ditemukan ini diperkirakan berumur lima tahun dan baru saja berganti kulit,” pungkasnya. (frd)