19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Disdag Padang Salurkan Dana Intensif Daerah Rp3,8 Miliar

PADANG, KP – Dinas Perdagangan Kota Padang menyalurkan Dana intensif daerah (DID)sebesar Rp3,8 miliar untuk untuk pembangunan fisik pasar tradisional.Kepala Dinas Perdagangan Padang Andree Algamar mengatakanpembangunan fisik itu seperti pembangunan pos kesehatan di kawasan Pasar Raya, pembuatan landasan kontainer sebanyak 10 unit di setiap pasar, perbaikan kanopi, dan pemasangan lantai Pasar Tanah Kongsi. Kemudian pemasangan lantai keramik di pasar pembantu Belimbing, Lubuk Buaya, Alai, Bandar Buat, serta rehab atap Pasar Simpang Haru dan Pasar Ulak Karang.

“Dana Insentif Daerah tersebut didapat karena Kota Padang dinilai bagus menanganani covid-19. Totalnya Rp14,9 miliar. Sebanyak Rp3,8 miliar disalurkan melalui Dinas Perdagangan,” kata Andree Algamar, kemarin.

Selain pembangunan fisik, dana itu juga untuk pengadaan barang-barang guna keperluan pedagang. Diantaranya 33 gerobak untuk pedagang bakso. Selanjutnyatenda 74 unit, pengadaan betor sampah empat unit, dan betor tangki air dua unit.Lalu pengadaan perbengkelan, alat listrik penerangan pasar, dan pembersih lantai keramik sebanyak tujuh unit.

“Ada juga pengadaan alat pengelolaan pupuk kompos di Pasar Raya serta alat pembersih riol dan drainase pasar dengan melibatkan sawadaya masyarakat,” ujarnya.

DISDAG SEDIAKAN TIMBANGAN GRATIS DI PASAR RAYA

Di sisi lain, Dinas Perdagangan Kota Padang saat ini menyediakan timbangan metrologi yang terletak di Koridor Fase II lantai I Pasar Raya Padang. Timbangan itu untuk memastikan kenyamanan bagi masyarakat saat berbelanja di pasar raya.

“Bagi pembeli yang ragu dengan timbangan pedagang bisa melakukan pengecekan pada timbangan tersebut secara gratis,” ujarAndree Algamar sembari mengatakan timbangan itu akan diusahakan ada di semua pasar tradisional di Padang. (ip)