14 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Tanahdatar Butuh Fasilitas Pendukung Pariwisata

BATUSANGKAR, KP – Kabupaten Tanahdatar membutuhkan fasilitas pendukung pariwisata yang pengelolaan secara syariah.

Hal itu dikemukan Plt Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma ketika meresmikan pengoperasian Wisma Hijau Daun Syariah, di Balai Janggo Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Selasa (21/9).

Menurut Zuldafri Darma, Tanahdatar sebagai Luak Nan Tuo pusat budaya yang kental sekali Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).Kalau memang bisa seluruhnya syariah, home stay syariah, wismanya syariah, dan hotelnya juga syariah.

“Kita khawatir budaya Minang, tradisi kita dan adat kita, kalau terlalu banyak hotel dan perhotelan di Tanahdatar yang tidak syariah dan bintangnya terlalu tinggi, takut kita tergerus oleh moderenisasi, globalisasi, dan kecanggihan yang kita saksikan hari ini,” ungkapnya.

Dikatakan Plt bupati, ada rumor yang berkembang, tapi tidak di Tanahdatar, hotel yang tidak syariah dan apalagi kelasnya sudah berbintang tiga, empat dan lain- lain, pelayanannya sudah meninggalkan adat, budaya, dan agama kita. “Ini yang perlu kita tegakkan bersama di Kabupaten Tanahdatar,” pintanya.

“Tidak apa – apa wisma atau home stay, barangkali harapan kita fasilitasnya tidak kalah dari hotel bintang dua, tiga dan sebagainya kunjungan wisata ke Tanahdatar terjadi peningkatan,” sebutnya.

Jika terjadi peningkatan, otomatis pendapatan daerah juga meningkat, lapangan pekerjaan juga bertambah, serta efek ekonomi terhadap kuliner, dan transportasi.

“Kedepan terkait izin wisma, home stay yang syariah, di Tanahdatar kita permudah. Ini harapan dan komitmen kita kedepannya,” pungkasnya.

Sementara itu Wali Nagari Pagaruyung, Irmadinal Dt Sumagek menyambut baik kehadiran wisma ini, karna bisa wisatawan yang berkunjung dan menetap berhari- hari, serta meningkatkan perekonomian.

“Kebearadaan home stay dan wisma yang berada di pagaruyung, sangat membantu dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Dandim 0307 Tanahdatar Letkol Edy S Harahap, Ketua PKK Ny Retri Zuldafri Darma, Forkompimda, Camat Tanjung Emas Dedi T, dan Biro perjalanan se-Sumbar. (nas)