Wakapolda Sumbar Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Wilayah V Pasbar dan Pasaman

admin

SIMPANGEMPAT, KP – Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) wilayah V yang terdiri dari Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat (Pasbar) dan Polres Pasaman dikukuhkan Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sumbar, Brigjen Pol Edi Mardianto, Rabu (23/9) di Aula Kantor Bupati setempat.

Pokdar Kamtibmas ini merupakan organisasi masyarakat sebagai mitra kepolisian yang secara sukarela hadir di tengah-tengah masyarakat dalam membantu tugas kepolisian. Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pasbar di Nahkodai oleh Gusni Indra.

“Pokdar Kamtibmas ini adalah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu tugas Polri dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat serta menyelesaikan masalah di tengah masyarakat seperti tindak pidana ringan,” kataWakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto dalam sambutannyadi Simpangempat.

Ditambahkan, sejatinya masyarakat itu membutuhkan rasa aman, makanya dengan hadirnya organisasi rembuk ini dapat dijadikan tempat bermusyawarah yang bersifat kearifan lokal dan bisa menyelesaikan masalah didalam keluarga, di tengah masyarakat serta pemerintah.

Kemudian menurutnya, ditengah pandemi Covid-19 masyarakat juga butuh rasa aman di bidang kesehatan. Dengan adanya POKDAR KAMTIBMAS ini bisa memberikan peran sebagai pencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

“Pokdar Kamtibmas bisa berperan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, ini tugas kita semua untuk menjaga diri, keluarga dan lingkungan dari penularan virus Covid-19 ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama Bupati Pasbar, H. Yulianto menjelaskan saat ini tugas semua pihak adalah memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Karena, pandemi Covid-19 sudah mengancam semua manusia, rasa takut akan semakin menjadi jika tidak patuh terhadap protokol Covid-19.

“Saya berharap Pokdar Kamtibmas nantinya bisa menjadi pelopor untuk itu. Karena hal yang paling penting saat ini adalah memberikan rasa aman kepada masyarakat kita dari virus Covid-19,” ungkap Yulianto.

Disamping itu, Yulianto berharap pada momen Pilkada nanti Pokdar Kamtibmas bisa berperan dalam menyampaikan Pilkada Badunsanak. Walaupun selama ini Pilkada di Pasbar sudah berjalan dengan baik dan Badunsanak.

“Alhamdulillah selama ini Pilkada di Pasbar berlangsung aman dan badunsanak, makanya hal ini harus tetap kita kedepankan,” pungkas Yulianto.

Hal senada disampaikan tokoh adat Kabupaten Pasbar, Tuanku Hendri Eka Putra Daulat yang Dipertuan Parit Batu Pucuak Adat Pasaman menyampaikan bahwa Pokdar Kamtibmas yang baru saja dikukuhkan ini bisa memberikan nilai tersendiri bagi masyarakat. Apalagi Pasbar yang terdiri dari tiga etnis yakni Jawa, Minang dan Mandailing.

“Saya sebagai tokoh adat Kabupaten Pasaman Barat bangga dengan adanya Pokdar Kamtibmas ini. Semoga ini bisa menjadi pelopor keamanan dan ketertiban masyarakat kita,” tandasnya.

Turut hadir pada kesempatan ini, Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi, Forkopimda Pasbar, Kapolres Pasaman AKBP Dedi Nur Andriansyah, dan tokoh masyarakat setempat. (rom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hari ini, KPU Tetap Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung

SIJUNJUNG, KP – Jika tidak ada aral melintang, rencananya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung, akan menetapkan peserta pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Sijunjungdalam pesta pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyahkepada awak media melalui telepon selulernya, Selasa (22/9) penetapan peserta Paslon Bupati dan Wakil Bupati itu […]