18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Cagub Sumbar Hebat dan Meyakinkan

MASYARAKAT Sumbar pantas bersyukur punya empat pasang calon gubernur hebat dan meyakinkan. Perhatikan saja foto-foto tokoh kita itu yang ditampilkan KORAN PADANG terbitan Kamis (24/9) di halaman pertama.

Semua berpeci nasional. Gagah dan meyakinkan penampilannya. Berbaju putih bersih. Diselingi pula enam diantaranya berlilitkan sarung dan sorban. Hanya Pak Wali Mahyeldi dan Audy tanpa lilitan sarung, tapi keduanya tampil dengan ‘salam kompak’.

Enam dari tokoh kebanggaan kita tampil dengan senyum lepas pertanda gembira dan sehat. Sementara dua memperlihatkan keceriaan senyum tanpa terlihat giginya. Yang berkumis agak tebal Pak Fakhrizal dan Ali Mukhni. Berjanggut tak begitu tebal Pak Mahyeldi dan Audy. Hebatnya lagi, berkaca mata dua saja, Pak Mulyadi dan Pak Indra Catri.

Begitulah empat pasang calon gubernur kita bersama wakilnya yang tentu berusaha maksimal meraih simpati pemilih dari tanah bertuah, Mingkabau, Sumbar yang kita cintai ini.

Bagaimanapun, masing- masing pasangan calon gubernur ‘awak’ ini tentu sudah punya program unggulan untuk merebut simpati pemilih. Namun perlu dicatat, ‘serangan corona’ sampai kini belum juga mereda. Tentu dengan segala keterbatasan protokol kesehatan tak boleh diabaikan. Masa kampanye pun jadi sederhana dalam merebut simpati pemilih. Konser dan mengumpulkan massa jelas tak memungkinkan lagi.

Semoga saja upaya merebut simpati pemilih tetap maksimal. Kepada jajaran pengawas termasuk petugas keamanan diharapkan memaksimalkan strategi. Jangan sampai terjadi kerumunan massal. Atasi sebelum terjadi. Kalau pengawas atau jajaran pengamanan sampai membubarkan keramain kampanye tentu memunculkan ketegangan yang tak diinginkan.

Kita yakin KPU dan Bawaslu sudah punya aturan baku berkaitan dengan pengumpulan massa di era covid-19 yang tengah melanda negeri, negara, dan dunia. Kita juga prihatinjajaran KPU tak luput jadi korban serangan corona ini, termasuk Ketua KPU pusat dan jajarannya.

Bagaimanapun, kita berharap dan berdoa, sehat-sehatrlah selalu seluruh calon Gubernur Sumbar dan wakilnya sampai satu pasang diantara mereka dilantik kelak. Begitu juga jajaran KPU dan Bawaslu di semua tingkatan tak diserang corona. Kita sangat berharap pilkada di Sumbar sukses dalam arti yang sebenarnya.

Siapapun nanti jadi gubernur, melanjutkan pengabdian Gubernur Irwan Prayitno, semoga negeri kita tetap aman, rakyat sejahtera, pembangunan terus meningkat. Sekaligus kita berharap tetaplah tanah bertuah Minangini konsekuen menjalankan adat basandi syara’, syara’ basandi Kitabullah. Tungku tigo sajarangan tatap terpelihara dan berfungsi semakin maksimal. Insya Allah. *