19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Enam Peserta Seleksi Jabatan Kadis Pertanahan Ikuti Tes Psikometri

PADANG, KP – Sebanyak enam orang pejabat eselon di lingkup Pemko Padang mengikuti seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama guna berlomba mengisi posisi jabatan Kepala Dinas Pertanahan Kota Padang.

Enam pejabat tersebut diantaranya adalah Rido Satria (Kabid Administrasi dan Fasilitasi Pengadaan Tanah pada DPRKPP), Imral Fauzi (Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Kota Padang), dan Raju Minropa (Kabag Organisasi Setda Kota Padang). Kemudian Desmon Danus (Sekretaris Dinas PUPR), Adlin Gusmar (Kabid Pengendalian dan Pengawasan Tata Ruang dan Bangunan Dinas PUPR), serta Afrialdi Masbiran (Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Padang).

Usai dinyatakan lulus seleksi administrasi Rabu lalu (23/9), keenam pejabat itu melakukan uji kompetensi atau psikometri di Ruang Abu Bakar Ja’ar Balaikota Padang.Kegiatan tersebut digelar oleh Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pratama Kota Padang didukung Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang bekerjasama dengan Yayasan Konseling Keluarga Indonesia Padang.Tiga orang penguji dihadirkan, diantaranya Dr Yeni Karneli M.Pd. Kons (Ketua Assesor Psikomoteri) serta Arief Hakim Iskandar, SPd. Kons dan Drs Zulkarnain selaku Assesor.

Kepala BKPSDM Kota Padang Suardimenyebutseleksi kompetensi merupakan rangkaian tahapan seleksi yang mesti dilalui. Setelah itu masih ada tahapan penulisan makalah hingga wawancara.

“Hasil uji kompetensi ini akan kita umumkan pada 25 September 2020. Setelah itu akan ada penulisan makalah, penelusuran rekam jejak, hingga wawancara. Insya Allahpengumuman 3 nama calon terbaik Pansel ke walikota akan dilakukan pada 12 Oktober 2020,” sebutnya.

Suardi menambahkan adapun untuk pengumuman peserta 3 terbaik dilakukan 13 Oktober 2020 serta penyampaian 3 calon terbaik dan hasil pelaksanaan seleksi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada 14-16 Oktober 2020.

“Setelah ditetapkan satu dari tiga terbaik oleh ali kota maka kita akan melayangkan surat permohonan izin rekomendasi pelantikan kepada Gubernur Sumbar dan Kemendagri,” paparnya.

Suardi berharap masing-masing peserta dapat mengikuti rangkaian seleksi dengan baik dari awal hingga selesai dan sesuai aturan yang ada.

Seperti diketahui, Dinas Pertanahan Kota Padang merupakan sebuah Organisasi PerangkatDaerah (OPD) baru yang dibentuk Pemko Padang guna mengoptimalkan layanan kepada masyarakat, khususnya urusan pertanahan. Keberadaan Dinas Pertanahan Tipe C ini akan berfungsi melancarkan pembangunan serta menjadi solusi terkait permasalahan tanah di Kota Padang nantinya.(mas)