27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pengundian Nomor Urut, KPU Solok Batasi Jumlah Tamu yang Hadir

SOLOK,KP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok menggelar rapat pleno terbuka, pengundian dan penetapan nomor urut, pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Solok, pemilihan 2020, di Gedung Kubung 13, Kamis (24/9).

Rapat tersebut dihadiri Ketua KPU Kota Solok Asraf Danil, Ketua Bawaslu Triati, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, Dandim 0309 Letkol Arm Reno Triambodo, Perwakilan Partai Politik, Tokoh masyarakat, jajaran KPU dan Bawaslu, dan tamu undangan. Serta dihadiri empat pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Solok.

Pantauan KORAN PADANG, Rapat pleno terbuka, pengundian nomor urut dan penetapan paslon peserta pilkada tersebut digelar dengan batasan tamu yang hadir. Disesuaikan dengan mekanisme protokol kesehatan Pandemi Covid-19.

“Rapat pleno terbuka ini, kita gelar dengan membatasi jumlah tamu yang hadir, dan yang diundang wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Namun meskipun suasana Covid, proses pilkada ini tetap berjalan dengan lancar,” kata Ketua KPU Asraf Danil.

Dalam pengundian nomor urut, keempat Paslon mengambil undian dan membuka undian yang berisi nomor tersebut secara bersamaan.

Hasil dari pengundian nomor urut, ditetapkan Pasangan Nomor Urut 1 (Reinier – Andri Marant), Pasangan Nomor Urut 2 (Zul Elfian – Ramadhani Kirana Putra), Pasangan Nomor Urut 3 (Ismael Koto – Edi Chandra), Pasangan Nomor Urut 4 (Yutris Can – Irman Yefri Adang).

Setelah pengundian tersebut seluruh pasangan calon mendapat tempat untuk memberikan sambutanya bergiliran, sesuai dengan nomor urut. Kemudian Ketua KPU menetapkan keempat pasang calon tersebut, sebagai peserta Pilkada Kota Solok 2020.

Kemudian seluruh peserta pemilihan 2020, serta pihak-pihak yang akan terlibat dalam pemilihan 2020, melakukan penandatanganan Deklarasi Komitmen Mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, serta penandatanganan Deklarasi Komitmen Pilkada 2020 aman, damai, sejuk dan badunsanak.

Dengan selesainya rapat pleno pengundian dan penetapan ini sekaligus dimulainya proses kontestasi Pemilihan 2020 hingga 9 Desember mendatang.(van)