24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pengembangan Ekonomi Wisata Sijunjung Dinilai Provinsi

SIJUNJUNG, KP – Tim Visitasi dan Verifikasi Peduli Wisata Award (PWA) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menilai progres pengembangan ekonomi wisata Kabupaten Sijunjung, yang dilaksanakan di Balairung Lansek Manih Muaro-Sijunjung, Jumat (25/9).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Sijinjung, Yuswir Arifin, Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irwan, Sekdakan Zefnihan, dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar,H. Novrialdan juga hadir Pimpinan OPD.

“Penilaian PWA tersebut sudah kali yang ke-empat dilaksanakan di Provinsi Sumbar,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, H. Novrialdalam kata sambutannya.

Dijelaskan, penilaian meliputi aspek pamong, dan ekonomi wisata. Bagaimana mensejahterakan ekonomi warga Sijunjung. Apakah ada dampak, kreatif kewisataan, objek wisata silokek rumah perkampungan adat, sudah sejauh mana dikenal, objekwisata alam budaya harus didukung ekonomi kreatif. PWA bukan sebuah kompetisi tapi sebuah apresiasi dan untuk evaluasi pengembangan wisata di Sumbar,”jelasnya.

Tim Visitasi dan Verifikasi PWA Tahun 2020 Provinsi Sumbar itu diketuai, Prof.Dr. Ansofino(STIP PGRI Sumbar), dengan anggotaErnawati(UNP), Dr.Indang Dewata(UNP), Dr.Syamsural, (Unand), Ian Hanafiah (Arsita) dan Anggri Yulio(STKIP PGRI-Ahli IT).

Sementara Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengaku bangga atas penilaian yang dilakukan Tim Visitasi dan Verifikasi PWA Sumbar. Pasalnya, disamping mengalakan objek wisata perkampungan adat, relegius dan silokek l objek wisata lainnya yang cukup membanggakan.

“Jika Pessel wisata mengarah ke laut, Sijunjung mengarah ke wisata gunung. Potensi wisata gunung ini. Objek wisata di Sijunjung menyebar di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung dan saat ini belum terkelola dengan baik. Diharapkan kedepannya bisa terkelola dengan baik. Pemkab termasuk DPRD berkomitmen mengembangkan wisata Sijunjung,”ucap bupati.

Di tempat yang sama Kadis Parpora Sijunjung, Afrinaldimengekpose kegiatan visitasi dan verifikasi PWA dalam bahasa Inggris. Dalam eksposnya juga menyampaikan tentang arung jeram dan kunjungan para pejabat negara lainnya ke Silokek.

Secara gemblang, Afrinaldi menyampailan perkembangan Silokek dan sektor wisata lainnya. Pengembangan wisata untuk mewujudkan masyarakat yang madani.

Tak hanya itu, Afrinaldi juga mengakui pengembangan wisata Silokek juga didukung penuh para legislator. Diharapkan kedepannya wisata di Kabupaten Sijunjung akan berkembang dengan baik. Bahkan sejumlah tower di sejumlah objek wisata sudah dibangun dalam pengembangan wisata.

Begitu juga sejumlah kerjasama dengan dunia pendidikan juga sudah dibuat MoUnya dan juga dengan UKM lainnya, termasuk pasar kuliner. (shd)