9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Sembilan Koperasi Terbaik Terima Penghargaan

PADANG, KP – Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-73, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang memberikan penghargaan kepada sembilan koperasi berprestasi. Kesembilan koperasi itu terdiri dari Koperasi Simpan Pinjam/Unit Simpan Pinjam, Koperasi Non-Simpan Pinjam, dan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Syuhandra saat resepsi Hari Koperasi ke-73 di palanta rumah dinas walikota, Kamis (24/9), mengatakan peringkat pertama untuk kategori Koperasi Simpan Pinjam diraih KPN Pemda Kota Padang, juara II KSU Himpunan Pedagang Pasar Inpres, dan juara III Koperasi Pelindo.

Kemudian kategori Non-Simpan Pinjam juara 1 diraih KPRI Dinas Pendidikan Kota Padang, juara 2 Primkopol Korem 032/WRB, dan juara 3 diraih KPRI MTsN Gunung Pangilun.

Selanjutnya kategori KSPPS juara1 diraih KSPPS BMT Padang Besi, juara 2 KSPPS BMT Jati, dan juara 3 diraih KSPPS BMT Korong Gadang.

“Selamat atas prestasi yang diraih ini. Kepada pengurus koperasi beserta jajarannya saya mengucapkan terimakasih atas kerja kerasnya dalam menjalankan, membangun, dan mengembangkan koperasi,” ujarnya.

Kedepan ia berharap koperasi-koperasi berprestasi yang terpilih itu bisa menjadi pionir dalam membangun ekonomi kerakyatan, khususnya di Kota Padang.

Di Tengah Pandemi Koperasi Harus Jeli Lihat Peluang

Sementara itu, Asisten II Pemko Padang Endrizal mengungkapkanbahwa koperasi harus mampu dan jeli melihat peluang kerjasama dalam mengatasi permodalan. Terlebih saat ini sedang pandemi covid-19di mana pertumbuhan ekonomi mengalami tantangan dan kontraksi yang cukup serius. Tak ayal, Koperasi dan UMKM turut mengalami dampak yang cukup berat baik dari sisi produksi, pemasaran, dan pembiayaan.

Oleh karena itutidak ada salahnya mulai sekarang mencari akses permodalan kepada lembaga penyaluran dana bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UKM maupun kredit usaha.Kondisi ini juga memaksa gerakan koperasi untuk segera melakukan pembenahan agar mampu kembali eksis dalam menopang perekonomian nasional,” tutur Endrizal.

Ia menekankan koperasi harus mampu menjadi garda terdepan dalam membantu anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.Untuk itu, ia berharap Dinas Koperasi dan UMKM intens memfasilitasi koperasi dan UKM dalam mengakses permodalan LPDB maupun KUR. (ip)