9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

43 Calon Perangkat Nagari Lubukbasung Ikuti Tes Tertulis

LUBUKBASUNG, KP – Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, 43 peserta calon perangkat Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, kini mengikuti tahapan seleksi tertulis, di aula Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubukbasung, Sabtu (26/9).

Pelaksanaan seleksi perangkat nagari ini, untuk mengisi dua posisi jabatan di Nagari Lubuk Basung yang mengalami kekosongan sejak beberapa waktu lalu yaitu, Kasi Pelayanan dan Wali Jorong Surabayo.

Kasi Pelayanan kosong karena pejabat lama, Hidayati Amir dipromosikan menjadi Sekretaris Nagari, menggantikan pejabat lama yang dirotasi ke Kantor Camat Lubukbasung, Misfiyeni.

Sedangkan jabatan Wali Jorong Surabayo kosong mengingat pejabat lama, Muklis yang mengundurkan diri dari jabatannya.

Ketua tim seleksi, Indranova menyebutkan, ujian tertulis diikuti 40 orang untuk posisi jabatan Kasi Pelayanan dan 3 orang untuk posisi Wali Jorong Surabayo, yang sebelumnya mereka telah dinyatakan lulus seleksi administrasi.

“Seleksi dilaksanakan secara terbuka dan tidak ada keberpihakan. Namun, menyikapi kondisi yang masih pandemi, seleksi dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Menurutnya, ada satu tahapan seleksi lagi yang akan dilewati calon perangkat nagari ini yaitu, seleksi praktek komputer dan wawancara yang dilaksanakan, Minggu (27/9), di aula Kantor Nagari Lubukbasung.

Setelah tahapan seleksi selesai, pihaknya dari tim seleksi bakal menyerahkan 3 nilai tertinggi dari setiap jabatan kepada wali nagari, untuk menentukan siapa yang akan di SK kan setelah mendapat rekomendasi dari camat.

“Hak dan wewenang kami sepenuhnya mutlak tanpa ada kepentingan dan titipan dari pihak manapun. Setelah hasil seleksi keluar hingga penentuan nilai 3 tertinggi, keputusan selanjutnya kami serahkan kepada wali nagari,” ulas Indranova.

Sementara itu, Wali Nagari Lubukbasung melalui Sekretaris Nagari, Hidayati Amir mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan tim seleksi perangkat nagari.“Tim seleksi benar-benar teliti dan bergerak cepat dalam melaksanakan tahapan seleksi ini,” katanya.

Ia berharap yang lulus dan terpilih nanti adalah anak nagari yang berdedikasi, serta memiliki semangat dan tanggungjawab dalam mengabdi kepada nagari. (amc)