29 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Gerai Kuliner Tradisional Kurai Dibuka di Pasar Atas Bukittinggi

BUKITTINGGI, KP – Kader Kecamatan Guguak Panjang yang dikoordinatori Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Rakhmayenti, membuka kuliner tradisional Kurai di Food Court lantai IV Pasar Atas Bukittinggi. Pembukaan Gerai Kuliner Tradisional Kurai itu dilakukan Camat Guguak panjang Syanji Faredi F, Jumat (25/9). Sorenya acara tersebut dikunjungi Walikota Ramlan Nurmatias bersama Kadis Koperasi UKM dan perdagangan, Muhammad Idris.

Camat Guguak Panjang, Syanji Faredi F mengatakan, sebelumnya beberapa kader Kecamatan Guguak Panjang mengajukan untuk mendapat tempat di Pasar Atas, khususnya membuka jajanan kuliner tradisional Kurai. Dibukanya kuliner tradisional Kurai di Pasar Atas tersebut selain untuk berjualan juga untuk melestarikan makanan khas Kurai.

“Hadirnya kuliner tradisional Kurai ini di Food Court Pasar Atas, untuk memperkenalkan masakan Kurai kepada pengunjung Pasar Atas. Nantinya, mereka dapat menikmati kuliner tradisional Kurai. Selain samba dan makanan khas Kurai, kader Kecamatan Guguak Panjang akan menyediakan hidangan spesial Kopi Bukik Apik, Lamang Tapai, inti dan makanan khas Kurai lainnya,” ungkap Syanji Faredi.

“Kemudian hadirnya Kuliner Tradisional Kurai di Food Court lantai 4 Pasar Atas ini sekaligus sebagai ajang promosi UMKM. Pemerintah Guguak Panjang berupaya memberdayakan usaha kecil dan mikro melalui pembukaan kuliner khas Kurai ini. Diharapkan, UMKM bisa terangkat dan termotivasi sekaligus memperkenalkan produk olahan kulinernya. Di samping itu, Kuliner Tradisional Kurai juga membantu meningkatkan ekonomi kerakyatan,” ujar Syandi Faredi sembari menyebutkan para kader itu di bawah koordinator Kasi PME, Kecamatan Guguak panjang.

Untuk itu, Syanji berharap para kader selalu mematuhi dan mentaati aturan berjualan di Pasar Atas tersebut. di mana para kader ingin mempromosikan produk makanan khas Kurai. Pembukaan Kuliner Tradisional Kurai itu murni atas inisiatif para kader yang bertujuan meningkatkan ekonomi kader itu sendiri.

Sementara itu Kasi PME Guguak Panjang, Rakhmayenti didampingi sejumlah kader menyebutkan, menu-menu yang disajikan meliputi Samba Khas Kurai, nasi lamak katan sarikayo, minuman tradisional dan penganan khas Kurai lainnya. “Semoga kehadiran Kuliner Tradisional Kurai di  Food Court Pasa Ateh ini dapat menjadi pilihan selera baru bagi para pengunjung. Khususnya mereka yang tertarik dengan masakan atau makanan khas Kurai itu sendiri. Kami bangga karena para kader sangat antusias,” pungkasnya.

Di samping itu, menjelang sore hari pada Jumat (25/9), Wako Ramlan bersama Kadis Koperasi, UKM dan perdagangan Muhammad Idris, meninjau gerai Kuliner Tradisional Kurai itu. Dalam peninjauan tersebut, Wako Ramlan mengapresiasi para Kader Kecamatan Guguak Panjang yang membuka Gerai Kuliner Tradisional Kurai di Pasar Atas tersebut. Sebab dengan adanya gerai masakan khas Kurai itu, tentu sebagai ajang promosi dan memperkenalkan masakan Khas Kurai kepada setiap pengunjung yang datang. ”Dan semoga Kuliner Khas kurai ini menjadi makanan yang diburu pengunjung Pasar Atas,” harap Wako. (eds)