18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Irwan Basir Tanamkan ‘Raso Banagari’ di Tapian Lubuk Lintah

PADANG,KP – Selaku Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Kecamatan Kuranji, Irwan Basir Dt. Rajo Alam selalu menanamkan ‘Raso Banagari’ kepada segenap anak nagari Pauh IX di sembilan tapian yang ada, termasuk di Tapian Malayu Lubuk Lintah.

“Jangan sampai jalan dialiah urang lalu, cupak dialiah urang panggaleh. Kalau tidak ahti-hati, kita manjadi tamu di negeri sendiri. Contohnyo Betawi,” ungkap Irwan Basir ketika memberikan sambutan pada acara silaturrahmi dengan Ikatan Pemuda Lubuk Lintah dan Sekitarnya (IPLS) Kecamatan Kuranji, Sabtu (26/9) malam.

Ia mengaku bangga dan mengucapkan terimakasih kepada Ketua IPLSAdri Simon beserta jajarannya karena mampu menjaga dan mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal meskipun saat ini masyarakat Lubuk Lintah pada khususnya dan Kecamatan Kuranji sudah bercampur dan berbaur dengan masyarakat pendatang. Sehingga suasana kondusif tetap terpelihara sampai saat ini.

Ketua DPD LPM Kota Padang itu juga menyinggung soal peranan pemuda dan tokoh masyarakat bagaimana bisa bersinergi dan bersama-sama memajukan kampung halaman tercinta. “Kita boleh saja berbeda pendapat dalam satu hal tapi ketika berada dalam suatu sistem tentu kita memberikan kontribusi pemikiran positif untuk kepentingan orang banyak,” paparnya.

Ia pun tidak ingin ada anak nagari Pauh IX yang menjadi pecundang dalam kampung dan suka membuat keonaran. Sehingga membuat masyarakat menjadi tidak nyaman dengan ulah dan prilaku buruknya tersebut.

Ditambahkannya, jika setiap anak nagari Pauh IX sudah menyadari tupoksinya masing-masing maka tidak akan pernah terjadi benturan antara satu dengan yang lain. Maka akan terwujud kehidupan yang harmonis, ‘sadanciang bak basi, saciok bak ayam’.

Pada kesempatan itu, Irwan Basir juga memberikan bantuan spontanitas sebesar Rp2 juta sebagai bentuk apresiasi atas kegiatan positif yang dilakukan segenap pemuda Lubuk Lintah bersama tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Sebelumnya, Ketua Pemuda IPLSAdri Simon dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Irwan Basir beserta rombongan. “Terus-terang, kami agak cemburu juga melihat kegiatan bapak Datuk Irwan Basir yang tidak pernah habis-habisnya membantu masyarakat di mana-mana. Makanya, kami coba pula menghubungi beliau agar bisa hadir bersama kami di Lubuk Lintah. Alhamdulillah, sekarang keinginan tersebut terkabul. Untuk itu, kita ucapkan terimakasih dan semoga sukses selalu,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Andi, salah seorang tokoh masyarakat dan senior pemuda Lubuk Lintah. Diakuinya, dari dulu sosok Irwan Basir memang selalu aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Sehingga tidak heran kalau Dt. Irwan Basir menjadi salah satu tokoh panutan di Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji. (bim)