19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Kantor Kas Kedua BPR Jam Gadang Pasar Atas Diresmikan

BUKITTINGGI, KP – Seharisebelum masa cutinya, Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias menggunting pita menandai peresmian pemakaian dan pengoperasionalan Kantor Kas kedua BPR Jam Gadang di lantai II Pasar Atas Bukittinggi, Jumat (25/9).

Direktur Utama BPR Jam Gadang, Feri Irawan pada kesempatan itu menjelaskan, kantor kas yang dibuka di Pasar Atas tersebut merupakan kantor kas kedua milik BPR Jam Gadang. Layanan itu ditujukan untuk lebih memfasilitasi para nasabah agar lebih dekat untuk melakukan transaksi.

“Kita terus berbenah dan meningkatkan layanan kepada masyarakat. Sekarang kita buka juga kantor kas yang kedua di Pasar Atas, sehingga para nasabah kita di Pasar Atas tidak jauh lagi untuk bertransaksi. Dengan adanya BPR Jam Gadang di Pasar Atas, tentu juga dapat mengenalkan lebih dekat salah satu Badan Usaha Milik Daerah yang dapat membantu perekonomian masyarakat, khususnya para pedagang,” kata Feri Irawan menambahkan, bahwa untuk pedagang Pasar Atas banyak juga yang menjadi Nasabah BPR Jam gadang.

Sementara Komisaris Utama PT BPR Jam Gadang, Rismal Hadi mengatakan, dengan dibukanya kantor kas kedua BPR Jam Gadang yang berlokasi di lantai II Pasar Atas, tentu akan membuka peluang untuk memajukan dan mengembangkan BPR Jam Gadang, karena hadir di tengah pusat perbelanjaan. Dan kehadiran BPR itu diharapkan akan dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan modal usaha, terutama bagi para pedagang Pasar Atas. “Karena tujuan berdirinya BPR Jam Gadang sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mempermudah akses permodalan bagi masyarakat dan Perbankan,” ungkapnya.

“Kepada Jajaran BPR Jam Gadang sendiri agar dapat memberikan pelayanan terbaik, sehingga BPR Jam Gadang diminati dan dicintai masyarakat, karena BPR Jam Gadang juga milik masyarakat. Untuk itu berikan kemudahan dan bunga yang bersaing, sehingga  tidak terlalu memberatkan masyarakat,” tambahnya.

Senada, salah seorang pendiri BPR Jam Gadang, Rismaidi mengatakan, keputusan BPR Jam Gadang membuka kantor kas di Pusat Perbelanjaan Pasar Atas sangat tepat sekali dalam rangka menekan seminimal mungkin ‘tengkulak’ di tengah-tengah masyarakat. “Terutama di tengah para pedagang. Sebab BPR Jam Gadang ini didirikan dulunya untuk menekan tengkulak yang saat itu menjamur di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Untuk itu jelasnya, dengan hadirnya kantor Kas BPR Jam Gadang di Pasar Atas, tentu diharapkan kepada masyarakat dan pedagang agar bisa memanfaatkan semaksimal mungkin BPR Jam Gadang untuk pengembangan modal usaha. Rismaidi optimis, BPR Jam Gadang bisa maju dan bekembang di Pasar Atas. Tentunya dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan pedagang.

Sementara itu Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias, mengapresiasi perkembangan BPR Jam Gadang dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi pada masa pandemi Covid-19, banyak BPR yang kinerjanya menurun bahkan ada yang tutup. “Namun BPR Jam Gadang tetap eksis. Perkembangannya pesat dan ini luar biasa. Selain membantu perekonomian masyarakat, menyelamatkan warga dari rentenir, perkembangan BPR Jam Gadang juga berdampak pada KAN Bukittinggi. Devidenya dibagi 5 persen untuk KAN Bukittinggi. Ini menjadi bukti bahwa BPR Jam Gadang milik kita bersama,” jelas Wako diamini para pendiri dan komisaris BPR Jam Gadang.

Dikatakannya, saat ini BPR Jam gadang sudah buka kantor kas kedua di Pasar Atas. Tujuannya jelas, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama masyarakat pedagang. “Bagaimana BPR Jam Gadang melayanai masyarakat pasar, kita serahkan kepada jajaran BPR Jam Gadang. Dan Kita di Pemko tentu mendukungnya. Yang pasti BPR harus masuk pasar, sehingga pedagang pasar terlayani dengan berbagai program yang telah dibuat BPR Jam Gadang,” ulasnya.

Selain itu turut hadir dalam pembukaan dan pengoperasional Kantor Kas BPR Jam Gadang di Lantai II Pasar Atas, yakni Asisten II Setdako Bukittinggi Muhammad Idris, Jajaran Pendiri, Komisaris dan keluarga besar BPR Jam Gadang. (eds)