20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Masyarakat Bukit Umpang-Umpang Bakal Segera Dapatkan Air Bersih dari PDAM

BUKITTINGGI, KP – Keluhan warga Bukik Umpang-umpang Pintu Kabun terkait tidak pernah mendapatkan air bersih dari PDAM, mulai mendapatkan titik terang. Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias, di hari terakhir masuk kerja sebelum cuti, Jumat (25/9) didampingi Direktur PDAM Budi Suhendra, meninjau langsung ke Bukik Umpang-umpang sekaligus meminta PDAM agar segera membuat jalur PDAM ke Bukik Umpang-umpang.

Mirawati, salah seorang warga Jalan Labuah Baru Bukik Umpang-Umpang, mengaku sejak tahun 2010 tinggal di Bukik Umpang-umpang tidak pernah mendapatkan air bersih. “Jadi dari dulu ada warga yang pakai sumur bor, beli air sampai Rp 500 ribu per bulan bahkan pakai air hujan. Kami sangat berharap air segera masuk. Alhamdulillah hari ini kami sangat bersyukur dan ini luar biasa dengan rencana Walikota yang menanggapi permasalahan kami,” ujarnya.

Direktur PDAM Tirta Jam Gadang, Budi Suhendra menjelaskan, memang beberapa tahun lalu ada kendala untuk memasok air. “Namun saat ini telah diupayakan sesuai arahan Walikota. InsyaAllah dalam dua minggu ini prosesnya kita laksanakan. Kita akan pasang pipa sepanjang 1 kilometer. Sehingga sebagian besar warga yang ada di kawasan ini dapat dialiri air PDAM,” ungkapnya.

Sementara itu Walikota Bukittinggi, H. Ramlan Nurmatias menyampaikan, memang masih banyak warga Bukittinggi yang tidak mendapat layanan air bersih dari PDAM. Namun sejak 2016 lalu, Pemko Bukittinggi bersama PDAM Tirta Jam Gadang telah berupaya mencari sumber air bersih yang baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Alhamdulillah sekarang sudah ada penambahan warga yang telah mendapat air bersih. Khusus dari Embung Tabek Gadang sudah 3800 KK yang sudah dapat terlayani. Sekarang kita sedang berupaya menaikkan air dari Ngarai, itu masih proses. Karena sekarang masih memungkinkan untuk kawasan Bukik Umpang-umpang, kita upayakan secepatnya. InsyaAllah paling lama dua minggu ini masyarakat seputaran Bukik Umpang-umpang sudah dapat air bersih,” pungkasnya. (eds)