19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Wako Genius Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pentas Seni Pantai Kata

PARIAMAN, KP – Walikota Pariaman Genius Umar melakukan peletakan batu pertama panggung seni/pertunjukan yang lokasi pembangunannya di kawasan Pantai Kata, Jumat (25/9).  

“Hari ini kita melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan panggung kesenian di kawasan Pantai Kata Kota Pariaman. Kawasan wisata Pantai Kata merupakan destinasi wisata utama di Kota Pariaman yang telah dibangun sejak Alm Bupati Anas Malik. Sampai saat ini kita masih melakukan perkembangan dan membenahi Pantai Kata sehingga pengunjung merasa nyaman berada di sini,“ ungkap Wako Genius.

Dikatakannya, pembangunan sektor kepariwisataan telah menjadi prioritas pembangunan Kota Pariaman. Akselerasi pembangunan pariwisata itu terus dilakukan, baik menyangkut penataan objek-objek wisata (terutama wisata bahari), peningkatan kualitas SDM, penyelenggaraan event-event wisata berskala nasional dan internasional, promosi serta peningkatan sinergi kerjasama antar pemangku kepentingan.

“Kita akan bersama menata Pantai Kata agar lebih diminati kalangan wisatawan nasional bahkan internasional. Semua aspek yang mendukung akan dilaksanakan, salah satunya panggung kesenian yang akan menyemarakkan pantai kata ini nantinya. Kita tentunya selalu berharap kesan dan citra yang ditangkap para wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman selalu positif, sehingga mereka akan selalu berkeinginan datang kembali ke Kota Pariaman. Dengan sendirinya perekonomian masyarakat sekitarnya juga akan membaik,“ tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono usai acara mengatakan, pembangunan panggung seni Pantai Kota Pariaman berasal dari dana DAK Fisik Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dengan nilai Rp 1,5 Miliar.

“Pembangunan panggung ini dirancang sekaligus dengan tribun penonton permanen. Sehingga setiap kali ada kegiatan, penonton bisa langsung menikmatinya dengan tribun yang dibuat senyaman mungkin. Tujuan pembangunan panggung ini salah satunya untuk memberi ruang anak-anak muda berkreasi sambil menikmati keindahan Pantai Kata, karena panggung ini dikonsep tidak membelakangi pantai,” ungkapnya.

Disebutkannya, pelaksanaan pembangunan panggung seni memakan waktu 100 hari kerja. Setelah pembangunan panggung seni selesai, Pemko Pariaman akan menggunakannya untuk penampilan kesenian minimal setiap minggu. Ia berharap, dengan akan dimulainya pembangunan panggung seni di objek wisata Pantai Kata, akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Selain itu peletakan batu pertama panggung seni di Pantai Kata Kota Pariaman tersebut juga dihari Plt. Sekretaris Daerah Kota Pariaman Fadli, Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pariaman Yaminurizal, Kepala OPD se-Kota Pariaman, Camat se-Kota Pariaman, Lurah dan Kepala Desa setempat. (war/mc)