27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Ikatan Alumni SMA 5 Bukittinggi Gelar Mubes Ketiga

BUKITTINGGI, KP – Ikatan Alumni SMA 5 Bukitinggi (Iasmalbi), menggelar Musyawarah Besar (Mubes) Iasmalbi tahun 2020. Mubes yang dibuka Kepala SMAN 5 Ahda itu, diadakan di Rocky Hotel Bukittingi, Sabtu (26/9).

Ketua Pelaksana Mubes Iasmalbi, Ilyasman mengatakan, adapun yang menjadi Agenda Mubes Iasmalbi 2020, yakni membahas dan menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) Iasmalbi. Kemudian membahas dan menetapkan laporan pertanggungjawaban pengurus Iasmalbi Periode 2016-2020, serta memilih dan menetapkan Ketua Umum Iasmalbi periode 2020-2023.

Disebutkannya, peserta Mubes Iasmalbi merupakan perwakilan masing-masing angkatan alumni SMAN 5 Bukittinggi, mulai dari angkatan alumni 2005 hingga angkatan 2020. Sedangkan peserta Mubes terdiri atas peserta penuh dan peserta peninjau. Peserta penuh yaitu perwakilan masing-masing angkatan yang telah terdaftar. Sedangkan peserta peninjau terdiri atas undangan dan anggota alumni. Kemudian dalam Mubes juga dilaksanakan pembuatan tata tertib dan pemilihan presidium sidang.

“Seharusnya Mubes Iasmalbi ini dilaksanakan pada 2019 lalu, mengingat kepengurusan sebelumnya telah berakhir. Karena pandemi Covid-19, pelaksanaan Mubes diundur-undur dan baru bisa terlaksana sekarang. Untuk pemilihan ketua umum, sudah ada nama dua calon yang diajukan alumni dan angkatannya,” ujar Ilyasman.

Sementara Kepala SMA 5 Bukittinggi, Ahda menyampaikan, Mubes Iasmalbi 2020 merupakan mubes yang ketiga. Selain dilaksanakan untuk memilih kepengurusan yang baru, Mubes juga dilaksanakan untuk menjalin silaturahmi dan mengkoordinir dari seluruh angkatan yang ada. Mulai dari angkatan pertama hingga angkatan ke-16. Tujuannya, bagaimana semua alumni SMA 5 bisa berkontribusi untuk sekolah.

“Walaupun alumni SMA 5 baru 16 angkatan atau 15 tahun berdiri, tapi kita harapkan peran alumni dapat berkontribusi untuk kemajuan sekolah. Mudah-mudahan dengan kepenguruan yang baru, diharapkan ke depan Iasmalbi dapat berkembang dan lebih baik lagi,” ujar Ahda.

Menurutnya, untuk saat ini peranan alumni tidak hanya berkontribusi untuk sekolah, tetapi juga dapat membantu adik-adik kelasnya di SMA 5. Seperti adanya  pemberian beasiwa dari alumni meski jumlahnya tidak banyak. Kemudian alumni juga ikut berpartisipasi memberikan  bantuan  kepada adik-adik kelasnya  yang mengalami musibah atau yang mengalami kendala dalam perkuliahan.

“Ke depan tentu kita harapkan peran alumni tidak hanya dalam bentuk beasiswa, tetapi bagaimana alumni bisa meningkatkan mutu pendidikan sekolah, salah satunya mengundang alumni-alumni yang telah sukses untuk memberikan motivasi dan pencerahan kepada adik-adik kelasnya di sekolah,” ungkap Ahda. (oki)