KENALKAN BUDAYA MINANGKABAU SEJAK DINI, Gumala Kreatif Gelar Pelatihan Randai untuk Generasi Muda

PADANGPANJANG, KP – Pendidikan berkarakter adalah modal terbentuknya generasi muda yang tangguh dan berkualitas. Salah satu sarana pelaksanaan pendidikan berkarakter adalah dengan mengenalkan tradisi budaya nagari.

Untuk mengenalkan lebih dekat tradisi budaya Minangkabau kepada generasi muda di Kelurahan Guguk Malintang, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Gumala Kreatif mengadakan pelatihan Randai bagi anak-anak dan remaja.

Latihan randai ini bertempat di Aula Kantor Kelurahan Guguk Malintang. Kegiatan tersebut didukung dengan alat musik randai seperti gendang dan talempong yang membuat anak-anak antusias berlatih randai.

“Kegiatan pelatihan randai kali ini diikuti 18 orang anak pemain randai,” jelas Yandri Armaika, Ketua TBM Gumala Kreatif di sela-sela latihan, baru-baru ini.

Untuk pelatih randai, Gumala Kreatif didukung 5 orang pelatih dan pendamping yang berasal dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang dan para Seniman kota tersebut.

Untuk memberikan dukungan dan memotivasi semangat anak-anak saat latihan randai, hadir Ketua LPM Kelurahan Guguk Malintang, Ketua RT setempat, unsur PSM Kelurahan Guguk Malintang, dan beberapa tokoh masyarakat.

Yandri Armaika menambahkan, kegiatan pelatihan randai bagi generasi muda Kelurahan Guguk Malintang ini dilaksanakan secara rutin dan terjadwal.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua Prodi DKV ISI Padangpanjang beserta Tim antara lain Bapak Fery, HV, dan Ronal yang telah bersedia mendukung suksesnya kegiatan Gumala Kreatif.

“Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan-kegiatan di Gumala Kreatif, kami akan selalu berkarya untuk mewujudkan Kejayaan Generasi Muda Kota Padang Panjang,” pungkas Yandri. (rel/kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Investasi yang Tak Tergerus Pandemi

Sen Sep 28 , 2020
LUBUKBASUNG, KP – Berawal dari kekurangan pasokan sapi kurban yang terjadi setiap Idul Adha, membuat pemilik Raudhah Farm, Firdaus M. S.Si harus memutar otak. Alhasil, dirinya menjadikan alasan tersebut untuk membuka peluang investasi sekaligus melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat petani setempat. “Mulai dari tahun 2016 kami selalu kekurangan sapi untuk memenuhi […]