19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pengurus MGMP MAN 3 Padang Resmi Dikukuhkan Kepala Madrasah Afrizal

PADANG, KP – Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MAN 3 Padang periode 2020-2023 dikukuhkan secara resmi oleh Kepala MAN 3 Padang Afrizal di aula madrasah setempat, Senin pagi (28/9). Sebelum pengukuhan, Kepala Urusan Tata Usaha (TU) Ardiani membacakan Surat Keputusan Kepala Madrasah Nomor B-319/Ma.09.03/KP.00.3/09/2020 tentang penetapan MGMP tersebut beserta nama-nama pengurusnya.

Begitu dilantik, jajaran pengurus MGMP langsung diminta ‘tancap gas’ oleh Kepala madrasah Afrizal untuk bekerja keras merealisasikan target prioritas tiga tahun ke depan, yaitu meraih sukses dalam iven Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Olimpiade Sains.

Afrizal juga menekankan kepada pengurus MGMP pada khususnya dan segenap guru bidang studi yang ada di MAN 3 Padang secara umum untuk merumuskan dan melahirkan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa MAN 3 Padang. Sebab, kondisi siswa berbeda antara sekolah/madrasah, seperti salah satunya dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

“Keberadaan MGMP ini diharapkan dapat merumuskan metode dalam upaya meningkatkan kualitas

prestasi akademis dan non akademis siswa maupun guru,” ucapnya.

Tak hanya itu, Afrizal juga mengingatkan tenaga pendidik dan kependidikan untuk ‘beradaptasi’ dengan situasi pandemi saat ini di mana proses pembelajaran mesti dilakukan secara jarak jauh dengan sistem daring/online.

“Meski pandemi yang membuat kita terpaksa mengajar dari jauh, secara online, dan siswa belajar di rumah, namun kualitas harus tetap diutamakan. Haris dipastikan proses belajar mengajar tetap berjalan baik dan bermutu,” tegasnya.

Kepada jajaran pegawai tata usaha, Afrizal juga meminta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada siswa dan orangtua/walimurid. Terlebih, MAN 3 Padang telah melalui proses WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) sejak beberapa tahun lalu.

”Sekali lagi saya tekankan agar segenap tenaga pendidik dan kependidikan serta ajaran kepegawaian memberikan pelayanan terbaik, bermutu, meskipun saat ini kita sedang melalui masa-masa sulit akibat pandemi yang berdampak pada semua bidang termasuk dunia pendidikan,” ujar Afrizal.

Lebih lanjut ia juga mewanti-wanti kepada keluarga besar MAN 3 Padang untuk selalu kompak, seiya sekata dan seiring sejalan dalam memajukan kualitas pendidikan madrasah yang berlokasi di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah itu.

“Jangan ada yang merasa dan beranggapan ‘ini lebih penting, itu lebih penting’. Semuanya sama penting, semua proses di MAN 3 sama pentingnya karena akan bermuara pada satu tujuan yaitu untuk kemajuan lembaga pendidikan kita sesuai slogan ‘madrasah hebat bermartabat’,” ujar Afrizal.

Pada kesempatan itu, ia juga menyinggung bahwa MAN 3 Padang saat ini telah dinobatkan sebagai MAN Keterampilan. Untuk itu, ia menginginkan agar jurusan keterampilan yang ada di madrasah itu, yakni tata busana dan otomotif/kendaraan ringan dapat melahirkan terobosan dan inovasi sesuai perkembangan zaman saat ini.

“Akhir kata, selamat kepada yang dilantik, segera susun program dan bekerja sebaik mungkin meski di tengah pandemi. Semoga ke depannya MAN 3 Padang lebih baik, berkarya tanpa henti sampai titik pena terakhir,” pungkasnya.

Di akhir acara dilakukan penyerahan buku karya guru Bahasa Indonesia Yulita Silvia Amri dengan judul buku ‘suara hati’. Turut hadir pada kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan itu para wakil kepala madrasah, segenap majelis guru, dan jajaran tata usaha.

DAFTAR PENGURUS INTI MGMP MAN 3 PADANG

Rumpun Keterampilan

Ketua: Irwan, Sekretaris: Dewi Putri Rahayu, Bendahara: Yenni

Rumpun IPS

Ketua: M. Ihsan Lubis, Sekretaris: Roza Nurlia, Bendahara: Mashuri

Rumpun IPA

Ketua: Linda Efita Roza, Sekretaris: Mardianis, Bendahara: Putri Anida

Rumpun PAI

Ketua: Siril Firdaus, Sekretaris: Ihsan, Bendahara: Marneli

Rumpun Bahasa

Ketua: Bisra Meri, Sekretaris: Yulita Silvia Amri, Bendahara: Kurniati. (ak)