21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Sambung Pucuk Hasilkan Bibit Unggul

LUBUKBASUNG, KP – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Agam menyediakan bibit unggul untuk masyarakat Kabupaten Agam, dengan melakukan sambung pucuk beberapa bibit tanaman.

“Sambung pucuk ini baru pertama kami lakukan untuk menghasilkan bibit unggul,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, melalui Kabit Hortikultura, Sari Mustika di Lubukbasung, Senin (28/9).

Sari Mustika mengatakan, pihaknya melakukan sambung pucuk ini, lebih kurang sejak sebulan yang lalu, setelah beberapa pegawainya selesai mengikuti pelatihan di Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).“Karena ini merupakan kegiatan perdana, maka kami hanya melakukan sambung pucuk dalam skala kecil,” jelasnya.

Lebih lanjut Sari Mustika menjelaskan, pihaknya hanya melakukan sambung pucuk untuk bibit durian sebanyak 200 batang, alpokat 100 batang, dan jambu sebanyak 200 batang.

“Untuk bibit durian dan alpukat, kami menyambung dengan jenis durian kunyit dan alpokat mentega, sedangkan untuk batang bawahnya, hanya mengunakan jenis biasa. Untuk bibit jambu, kami menyambungnya dengan jambu madu, dan batang bawahnya menggunakan jambu jamaika,” tambahnya.

Sari Mustika mengaku, sebelumnya, berbagai jenis bibit unggul yang ada di kebun bibit, merupakan pengadaan bibit unggul oleh Dinas Pertanian Kabupaten Agam.

“Oleh sebab itu, sambung pucuk perdana ini akan dijadikan sebagai percontohan. Jika berhasil, maka kita lakukan sambung pucuk dalam skala besar,” jelasnya. (amc)