20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Selain Wifi, Dinas Arpus Agam Sediakan Komputer Belajar Daring

LUBUKBASUNG, KP – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, menyediakan jaringan internet gratis untuk pembelajaran daring (online), dan memfasilitasi perangkat komputer bagi siswa yang berkunjung.

“Fasilitas ini sudah lama kita sediakan, bahkan jauh sebelum Covid-19 mewabah,” kata Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam, M. Arsyid di Lubukbasung, Senin (28/9).

Dengan cara ini, katanya, mempermudah siswa mencari tugas sekolah, apalagi pada kondisi saat ini akan sangat membantu mereka dalam mengikuti pembelajaran daring.

“Saat ini, kita telah menyediakan komputer sebanyak tiga unit, sedangkan penyediaan jaringan internet hanya sampai pukul 18.00 WIB setiap harinya,” sebutnya.

Sementara itu, untuk memanfaatkan wifi, telah disediakan ruangan perpustakaan yang berada di luar kantor, ini telah diatur dan diarahkan terlebih dahulu sesuai protokol kesehatan.

“Sesuai anjuran pemerintah, kami mengimbau para siswa agar tidak duduk berdekatan, memakai masker, face shield, menyediakan tempat cuci tangan, disinfektan, dan hand sanitizer untuk kesehatan mereka,” jelasnya.

Hampir setiap hari ada siswa yang berkunjung ke perpustakaan, meski jumlahnya jauh berkurang dibanding hari biasanya sebelum pandemi.

“Setiap harinya siswa yang berkunjung ke perpustakaan ada sekitar lima (5) sampai 10 orang,” katanya.

Selain itu, siswa yang berkunjung, ulasnya, tidak hanya menikmati jaringan internet, tetapi juga ada mencari tugas dan meminjam buku untuk dibaca di rumah.

Pihaknya terus berupaya memberikan yang terbaik bagi siswa, agar pembelajaran daring yang diikutinya dapat berjalan dengan lancar, serta mendukung terwujudnya Agam Terkoneksi Internet. (amc)