18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

SUKSESKAN PILKADA, Tahun Ini Disdukcapil Sijunjung Luncurkan Program DMM

SIJUNJUNG, KP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sijunjung, tahun ini meluncurkan program ‘Disdukcapil Menyapa Masyarakat (DMM). Program jemput bola perekaman KTP elektronik (KTP-El) warga di delapan kecamatan dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tersebut didukung Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sijunjung, Febrizal Ansoti menerangkan, program DMM itu diperuntukkan bagi penduduk usia wajib KTP, yakni warga yang sudah berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Dia menyebutkan, pada program jemput bola Dukcapil tersebut, masyarakat juga bisa mendapat pelayanan konsultasi permasalahan administrasi kependudukan,” ungkapnya kepada awak media, Senin (28/9).

‘’Selain menyukseskan Pilkada 2020, persyaratan pemilih untuk menggunakan hak pilihnya adalah menggunakan dokumen KTP-El, program DMM ini juga untuk mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (#GISA),” terangnya.

Dukungan Gerakan #GISA itu lanjutnya, melalui upaya pemenuhan kepemilikan dokumen-dokumen adminduk bagi masyarakat. Salah satunya KTP-eL, selain dokumen lain, seperti Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. ‘’Dalam pelaksanaan program DMM ini kita menerapkan protokol kesehatan. Warga yang hendak masuk ke dalam ruangan harus memakai masker, cuci tangan pakai sabun dulu dan jaga jarak. Petugas kita pun memakai masker, face shield, dan alat pelindung diri (APD),’’ terangnya.

Mantan Asisten 1 dan mantan Kepala Bapppeda Sijunjung itu menambahkan, selama program tersebut pihaknya menargetkan dapat melakukan perekaman KTP-eL sebanyak mungkin. ‘’Kita dorong warga yang belum melakukan perekaman untuk memanfaatkan program ini. Apalagi di momen Pilkada ini KTP-el penting untuk dapat menggunakan hak pilih nantinya,’’ paparnya.

Untuk itu jelasnya, Dinas Dukcapil Sijunjung,akan melakukan Link ID Zoom Meeting pada Jumat (2/10), pukul 14.00 WIB. “Mari bersama membahas pelayanan dokumen administrasi kependudukan, kartu keluarga, akta pencatatan sipil, KTP-eL dan KIA di Sijunjung dengan cara mengikuti virtual meeting,” imbaunya.

Disebutkannya, bagi warga yang ingin mengikuti virtual meeting tersebut, Meeting ID: 819 729 7926 dengan Passcode; Capilsb. Link ID Zoom Meeting; https;//us02web.zom.us/j/819 729 7926? pwd=a3FLa WtHUXN Bakw3SkVSY2 JuTy 8rQT09.

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Sijunjung, Lindo Karsyah menuturkan, pihaknya mendukung program Disdukcapil untuk jemput bola ke masyarakat. Utamanya menyasar warga yang belum memiliki atau belum melakukan perekaman KTP-El. ‘’KTP-El ini sangat penting, karena merupakan bukti sudah memiliki hak pilih. Saat ini kami sedang melukan uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS). Masyarakat bisa memberikan masukan terhadap DPS ini, kalau ada yang belum terdaftar segera melapor,’’ tegasnya. (shd)