18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

WISUDA VIRTUAL UNP , Gubernur Irwan Prayitno Dorong Wisudawan Buka Lapangan Pekerjaan

PADANG, KP – Universitas Negeri Padang (UNP) hingga saat ini masih belum bisa melaksanakan perkuliahan tatap muda, begitu juga dengan proses wisuda karena pandemi covid-19. Oleh karena itu pelaksanaan wisuda ke-120 yang digelar Jumat pekan lalu (26/9)dilakukan secara virtual yang dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dari ruang kerjanya.

Meski pelaksanaan wisuda itu tak semeriah tahun sebelumnya, namun gubernur berharap tidak mengurangi makna wisuda itu sendiri. Ia berharap para wisudawan yang berjumlah 1.763 orang itu dapat terus berpacu dan mengembangkan kapasitas serta kualitas dirinya.

“Mari kembangkan kualitas diri guna menjadi SDM unggul yang nantinya dapat memberikan sumbangsih dan turut serta dalam membangun bangsa dan daerah,” ujarnya.

Menurut gubernur masa pandemi bukanlah halangan untuk menimba ilmu. Terbukti dengan banyaknya lulusan saat ini. Ia mengingatkan para wisudawan agar tetap patuh pada protokol kesehatan dan terus membudayakan pola hidup sehatdemi keselamatan kita sendiri dan orang lain,” tuturnya.

Irwan Prayitno juga mengucapkan selamat kepada wisudawan/ti yang sudah berjuang sejak awal pendidikan hingga resmi menyandang gelar sarjana. Para wisudawan diharapkan amanah dan bertanggung jawab menggunakan ilmunya guna mencerdaskan umat menuju rahmatan lil alamiin.

“Tampil lah sebagai pribadi unggul, penuh semangat, dan tidak mudah putus asa,” ujar Irwan Prayitno.

Memasuki dunia kerja, gubernur menyarankan agar para wisudawan dapat membuka lapangan usaha ketimbang mencari pekerjaan sebagai pegawai pemerintahan. Sebab, dengan kreativitas para wisudawan dapat meraih pekerjaan. “Lebih baik kita buka lapangan kerja sehingga bisa membantu orang lain,” ulasnya.

Dikatakannya, hanya dengan menjadi pengusaha maka dapat ikut andil dalam kesejahteraan rakyat. Ia lantas membandingkan dengan PNS yang hanya mengharapkan digaji dari APBN dan APBD.”Semakin kecil pegawai negeridan semakin banyak pengusahaakan semakin makmur suatu bangsa,” tutupnya. (ip)