18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

HADIRI PENGUKUHAN POKDAR KAMTIBMAS WILAYAH II, Plt Walikota Mardison : Pokdar Kamtibmas Berperan Ciptakan Kondisi Ketertiban di Tengah Masyarakat

PARIAMAN, KP – Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, hadiri acara Pengukuhan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Wilayah II yang terdiri dari Pariaman, Kabupaten Padangpariaman dan Agam, di Aula Balaikota Pariaman, Senin (28/9). Pengukuhan tersebut langsung dilakukan oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, yang juga dihadiri Ketua DPRD Kota Pariaman, Kapolres Pariaman, Kapolres Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam serta Forkopimda masing-masing daerah.

Dalam sambutannya, Plt. Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mengucapkan terima kasih atas dipilhnya Kota Pariaman sebagai lokasi pengukuhan Pokdar Kambtibmas untuk 3 kabupaten/kota. Karena keberadaan Pokdar Kamtibmas sangat stretegis dan dibutuhkan sekali sebagai perpanjangan tangan kepolisian dalam rangka menciptakan kondisi ketertiban yang kondusif di tengah masyarakat.

“Kalau kita bandingkan antara jumlah kepolisian dengan masyarakat yang melakukan pembinaan tidak seiimbang. Oleh sebab itu, dengan adanya Pokdar Kamtibmas akan menjadi ‘sitawa sidingin’ untuk menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat,“ ujarnya.

Mardison Mahyuddin juga menjelaskan, ada 3 hal pokok yang harus diselesaikan Pokdar Kamtibmas di tengah masyarakat, yakni pertama bagaimana tidak terjadinya konflik Pilkada. Diketahui, saat sekarang akan ada pesta demokrasi untuk pemilhan baik Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati. Pokdar Kamtibmas mempunyai strategi untuk hal tersebut agar berjalan dengan aman dan lancar.

“Yang kedua memberikan pemahaman terhadap masyarakat yang masih enggan dan belum percaya dengan Covid-19. Dengan adanya Pokdar Kamtibmas tentu secara perlahan masuk ke tengah masyarakat menyampaikan apa yang sebenarnya terjadi dengan Covid-19 karena Covid-19 ini sangat berbahaya,” ulasnya.

“Kemudian yang ketiga adalah bagaimana Pokdar Kamtibmas bisa berperan untuk mengatisipasi terjadinya lonjakan-lonjakan peredaran narkoba,“ sambungnya.

Lanjutnya, dengan adanya Pokdar Kamtibmas, 3 hal tadi bisa dicarikan solusi dan pemecahan masalah sesuai komitmennya adalah untuk menyelesaikan masalah di tengah masyarakat dulu sebelum kasus tersebut diangkat ke ranah hukum. “Kami juga mengapresiasi dan bangga atas apa yang dilakukan pihak kepolisian, kiranya untuk Pokdar Kamtibmas yang ditunjuk dan dilantik akan bisa bekerja dan membantu pemerintah, masyarakat serta pihak kepolisian,“ tandasnya mengakhiri. (war/mc)