19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pabrik Tahu di Bukittinggi Ludes Terbakar, Dua Rumah Ikut Hangus

BUKITTINGGI, KP – Sebuah pabrik tahu dan dua petak rumah kontrakan diKoto Dalam, KelurahanTarok Dipo, Kecamatan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi hangus terbakar, Selasa pagi (29/9) sekitar pukul 08.10 WIB. TIdak ada korban jiwa dalam kebakaran itu namun kerugian materil ditaksirmencapai setengah miliar rupiah lebih.

Informasi yang diperoleh KORAN PADANG,kebakaran itu diketahui ketika warga dikejutkan dengan gumpalan asap yang keluar dari pabrik tahu milik Sunarti. Masyarakat langsung berhamburan keluar rumah menuju lokasi untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun api terusmembesar. Hingga akhirnya api menjalar ke rumahkontrakan semi permanen yang dihuni Honi Chandra dan Dewi.

Tak lama, datang armada Pemadam Kebakaran (Damkar) PemkoBukittinggi dibantu tiga unit armada Damkar Pemkab Agam serta 1 unit armada Damkar KotaPadangpanjang. Dengan sembilan unit armada beserta puluhan petugas, api akhirnya dapat dijinakkan.

Kepala Dinas Kebakaran Kota Bukittinggi Martius Bayu menyebut selain pabrik tahu dan dua petakrumah kontrakan yang terbakar, dalam kejadian itu juga terbakar sebuah sepeda motor, tiga drumminyak, 50 karung kacang kadele, sebuah mobil tidak layak pakai, dua unit televisi, dan perangkat rumah tangga lainnya.

Sementara, Kapolsek Kota Bukittinggi AKP Dedy Adriansyah mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan atas peristiwa kebakaran itu. Tim INAFIS sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mencari sumber api.

“Jadi belum bisa kami pastikan, INAFIS baru cek sumber api dari mana,” kata AKP Dedy.

Ia juga tidak mau menduga-duga sumber api penyebab kebakaran tersebut. “Kami tidak bisa menduga, takut salah nanti, tunggu penyelidikan saja,” ucapnya.

DITINJAU CAWAKO RAMLAN NURMATIAS.

Kebakaran pabrik tahu dan dua rumah kontrakan itu mendapat perhatian dari calon Walikota Bukittinggi H. RamlanNurmatias. Ia tampak hadir dilokasi kejadian untuk meninjau kondisi wargayang terkena musibah. Ramlan Nurmatias mengucapkan turun prihatindan rasa duka yang mendalam atas kebakaran itu. Ia juga mengingatkan warga untuk selalu berhati-hati dengan berbagai kemungkinan yang terjadi. (eds)