27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Penuhi Gizi Sejak Dini, Agar Anak Terhindar dari Stunting

PADANGPANJANG, KP – Ketua TP PKK Kota Padangpanjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp. JP mengatakan Stunting adalah kerdil, jika para ibu membawa balita ke posyandu tetapi memiliki grafik dibawah standar, maka itu bisa dikatakan Stunting.

Hal itu disampaikannya ketika menjadi narasumber pada acara koordinasi dan sosialisasi pencegahan dan penanganan anak kerdil (Stunting), kemarin.  

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Camat Padangpanjang Timur ini berlangsung selama 2 hari yang dihadiri kader dari berbagai kalangan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Stunting lebih lengkapnya adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya, ucap Ketua TP-PKK.

Selain pertumbuhan yang terhambat, stunting pada anak juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan juga sosial di masa depan.

Ditambahkannya, anak yang memiliki keterlambatan dalam berpikir, umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Gizi sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, oleh karena itu para ibu harus lebih memperhatikan gizi anak agar terhindar dari stunting, pungkasnya. (rel/kom)