‘Surat Sakti’ Wabup Ferizal Ridwan Buat Warga Lareh Sago Halaban Lega

LIMAPULUH KOTA, KP – Perjuangan panjang masyarakat Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota yang telah lama mengeluh atas rusak parahnya jalan Provinsi Sumatra Barat ruas Lintau-Payakumbuh, tepatnya di Nagari Tanjuang Gadang hingga ke Nagari Batu Payuang, Gadut akibat dilindas truk-truk bertonase berat, segera terobati.

Pasalnya, sejumlah pejabat tim teknis dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Sumatra Barat bersama pihak PT. Utama Karya Indonesia, Selasa (29/9) sudah datang ke lokasi melakukan pengukuran terhadap jalan yang rusak parah sepanjang 1,5 kilometer tersebut.

Sekadar diketahui, rusak parahnya jalan aspal hotmix yang awalnya terbentang mulus dari arah Lintau menuju Kota Payakumbuh itu, karena setiap hari dilindas puluhan dam truk bertonase berat milik perusahaan tambang galian C yang beroperasi di kawasan Kecamatan Lareh Sago Halaban tersebut.

Menyikapi rusak parahnya sarana infastruktur jalan tersebut, berbagai upaya telah dilakukan masyarakat Kecamatan Lareh Sago Halaban untuk mengadu ke berbagai pihak. Warga setempat tidak hanya mengaku ke DPRD dan Gubernur Sumbar, bahkan pernah melalukan aksi demonstrasi di lokasi perusahaan tambang yang menjadi penyebab rusaknya jalan tersebut.

Tak hanya itu, Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, yang kebetulan putra daerah Kecamatan Lareh Sago Halaban juga berjuang mati-matian agar jalan provinsi di kampung halamannya yang kondisinya rusak parah akibat dilindas truk-truk tambang tersebut, segera diperbaiki. Karena jalan itu telah mengganggu kenyamanan masyarakat setempat.   

Menurut Ferizal Ridwan, menyikapi keresahan masyarakat atas rusak parahnya jalan tersebut, selaku Wakil Bupati Limapuluh Kota pada Juni 2020 lalu dia memberanikan diri mengirimkan surat mohon bantuan dukungan CSR untuk perbaikan jalan Provinsi ruas Lareh Sago Halaban-Payakumbuh itu kepada Direktur Utama PT. Hutama Karya Insfrastruktur, Aji Prasetyanti.

Dalam surat itu Wabup Ferizal mengungkapkan, sekaitan adanya pembangunan jalan tol Sumatra yang sedang dilakukan PT. HKI dan HK Hulding sebagai penegasan ruas Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Padang. Di mana pengambilan material alam berasal dari quarry Kecamatan Lareh Sago Halaban yang mengakibatkan eksisting mengalami kerusakan parah. Itu diakibatkan puluhan truk bermuatan batu split 40 ton melewati ruas jalan itu setiap hari sepanjang 6 kilometer. Sedangkan kondisi jalan yang rusak parah tersebut sudah lebih dari 1,5 tahun.

Kerusakan jalan itu dimulai dari kilometer 12 Pakan Rabaa, Nagari Batupayung hingga kilometer 17 di Jorong Bulakan Nagari Tanjung Gadang. Kedua nagari tersebut barada di Kecamatan Lareh Sago Habalan, Kabupaten Limapuluh Kota. Karena itu pihaknya sebagai Wakil kepala Daerah Limapuluh Kota memohon bantuan CSR untuk wilayah tersebut di atas sehingga masyarakat terbantu.

“Alhamdullilah, berkat ‘Surat Sakti’ tersebut, keluhan warga Lareh Sago Halaban atas kerusakan jalan itu mendapat perhatian serius dari pihak Direktur Utama PT. Hutama Karya Insfrastruktur,” ujarnya.       

Menurut Ferizal Ridwan yang kini maju sebagai calon Bupati Limapuluh Kota melalui jalur perseorangan yang digadang-gadang berpeluang besar dipilih menjadi orang nomor satu di daerah itu menyebutkan, masyarakat Lareh Sago Halaban khususnya, dan pengguna jalan raya Payakumbuh-Sitangkai bisa bersyukur dan berterima kasih, serta memanfaatkan program CSR HK Indonesia yang memberbaiki jalan tersebut.

“Ini adalah bukti nyata tentang sebuah keberanian. Walau tak mesti populer, surat-surat dan usulan ini telah kami lakukan untuk 22 kebaikan serta penyelesaian tunggakan program mangkrak di Kabupaten Limapuluh Kota. Termasuk proyek Monumen Nasional PDRI, penetapan Rumah Tan Malaka sebagai situs budaya dan penyelesaian embargo BNPB,” sebut Ferizal Ridwan yang akrap disapa Buya Feri itu. (dst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tokoh Sentral Pangkalan Serukan Pilih ‘MR-AY’

Sel Sep 29 , 2020
LIMAPULUH KOTA, KP – Sejumlah tokoh sentral dari Pangkalan, baik yang berada di kampung halaman maupun yang di rantau, menyerukan kepada masyarakat Kecamatan Pangkalan Kotobaru, Kabupaten Limapuluh Kota untuk memilih dan memenangkan Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus (MR-AY). Pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang. […]