29 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Baznas Padangpanjang Salurkan Zakat Rp 504.700.000

PADANGPANJANG, KP – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padangpanjang menyalurkan zakat dalam Program Padangpanjang Makmur tahap III, Padangpanjang Cerdas, Sehat dan Peduli tahun 2020 sebesar Rp 504.700.000. penyaluran zakat tersebut dilakukan secara simbolis oleh Walikota Padangpanjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano di Masjid Islamic Centre Padangpanjang, Selasa (29/9).

Turut hadir pada kesempatan tersebut perwakilan Kepala OPD di lingkup Pemerintahan Kota Padangpanjang, Lurah Koto Panjang, Ketua Baznas Kota Padangpanjang, Aswir Datuak Panjang beserta jajaran.

Ketua Baznas Kota Padangpanjang, Aswir Datuak Panjang mengatakan, zakat yang diberikan itu untuk peningkatan ekonomi kerakyatan. “Zakat ini juga untuk memotivasi penerima agar lebih bertakwa kepada Allah SWT,” ujarnya.

Ia berharap kepada mustahik agar bisa menggunakan dana zakat tersebut dengan sebaik-baiknya. “Gunakanlah sesuai peruntukannya, sehingga bisa keluar dari keterpurukan ekonomi dan menjadi muzakki ke depannya,” katanya.

Beliau mengatakan, zakat itu diserahkan kepada 232 mustahik atau penerima zakat yang ada di daerah tersebut untuk peningkatan ekonomi kerakyatan dengan total sebesar Rp 504.700.000.

“Dana tersebut disalurkan mulai hari ini (Selasa-red) dengan rincian penerima di antaranya, Padangpanjang Makmur sebanyak 121 orang dengan total sebesar Rp 320 juta, Padangpanjang Cerdas 103 orang dengan total Rp 172.700.000, Padangpanjang Sehat 5 orang dengan total Rp 9 juta dan Padangpanjang Peduli 3 orang dengan total Rp 3 juta. Ini merupakan zakat terbanyak dan terbesar yang pernah disalurkan Baznas selama masa kepemimpinan saya,” jelasnya.

Sebelum dilakukan penyaluran zakat tersebut, Baznas Padangpanjang terlebih dahulu melakukan sosialisasi terhadap para mustahik. “Sebelum dana bantuan disalurkan, Baznas juga terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap para mustahik tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Fadly Amran dalam arahannya sangat mengapresiasi program yang telah dibuat Baznas Padangpanjang dan kepada mustahik ia berpesan agar menggunakan zakat yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya dan sesuai keperluan yang dibutuhkan. “Kami dari Pemko sendiri juga telah menganggarkan di APBD untuk program recovery ekonomi di masa Covid-19 dengan memberikan bantuan tunai langsung dan stimulus-stimulus untuk para pelaku UMKM di Padangpanjang,” katanya.

Sedangkan salah seorang penerima zakat, Deni Wahyudi (30 tahun) warga Pasar Baru yang sehari-harinya berjualan bakso, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Baznas tersebut, dengan harapan bisa mengangkat derajat perekonomiannya. “Alhamdulillah, mudah-mudahan bantuan ini berkah dan bisa berkembang, sehingga saya tidak lagi jadi penerima zakat nantinya,” katanya.

Menurut dia, program dari Baznas Padangpanjang dalam menyalurkan zakat sangat baik. Sehingga bisa memberikan motivasi bagi warga yang tergolong kurang mampu dalam mencari nafkah. “Penerima zakat bisa termotivasi, berinovasi dalam berusaha untuk kelangsungan hidup, dengan harapan keluar dari keterpurukan ekonomi nantinya,” sebutnya.(sup/*)