Bupati Gusmal Serahkan Bansos KPM-PKH se-Kabupaten Solok

SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial beras jaring pengamanan Sosial Covid-19 untuk Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) se-Kabupaten Solok, di Jembatan Jorong Jambu, Nagari Saok Laweh, Kecamatan Kubung, Selasa (28/9).

Tampak hadir pada acara tersebut Kadis Sosnaker Yandra Prasat, Kabag Humas Syofiar Syam, Camat Kubung Riki Carnova, Kapolsek Kubung, Koramil Kubung, Wali Nagari Saok Laweh, Ketua BPN Saok Laweh, Ketua KAN Saok Laweh, Korkab PKH Kabupaten Solok, Korda Program Sembako Pendamping PKH se-Kecamatan Kubung dan lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati Solok, H. Gusmal menyampaikan, penyerahan perdana dan launching tersebut dihadiri Kadis Sosial dan sejumlah pejabat terkait. “Bansos beras direncanakan disalurkan untuk tiga bulan ke depan, tetapi tahap pertama disalurkan untuk dua bulan dulu dan ke depan menyusul satu bulan lagi,” terang Bupati.

Dijelaskannya, Bansos merupakan salah satu program jaring pengamanan sosial yang diharapkan dapat memenuhi sebagian kebutuhan pokok masyarakat terdampak Covid-19. “Saya berharap kepada warga yang dapat bantuan ini untuk memanfaatkan beras ini sebaik-baiknya. Kondisi Pandemi Covid-19 saat ini menghadapkan kita pada jurang resesi. Untuk itu kepada masayarakat yang bertani agar tertap semangat dan optimis bisa melewati masa pandemi,” tuturnya.

Selain itu Bupati Gusmal juga meminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menghindari kerumunan.

Sebelumnya, Kadis Sosnaker Yandra Prasat menyebutkan, bantuan itu bertujuan untuk mengatasi dampak sosial ekonomi Covid-19 di tengah masyarakat. “Bantuan untuk Kabupaten Solok sebanyak 16.435 KPM yang tersebar di seluruh nagari. Kemensos juga memberi bantuan BLT terhadap penerima sembako itu sebanyak 5.655 di Kabupaten Solok,” ungkapnya.

Dijelaskannya, bansos beras tersebut diberikan kepada setiap KPM-PKH sebanyak 15 kg per KPM dan dilaksanakan selama 3 bulan, yakni Agustus, September dan Oktober. Sedangkan banyak bantuan beras sosial untuk Kabupaten Solok itu yakni 739 ton, didistribusikan melalui perwakilan BGR sampai ke titik atau kelompok-kelompok setia nagari. Di mana ada seribu titik bagi bantuan beras sosial yang akan di bagikan di seluruh Kabupaten Solok.

Sedangkan Wali Nagari Saok Laweh Irwin Saputra, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menunjuk Nagari Saok Laweh dalam acara launching bantuan beras sosial kepada keluarga PKH itu. “Ucapan terima kasih juga kepada warga jorong Jambu yang telah bersedia memfasilitasi tempat acara. selaku Wali Nagari Saok Laweh mewakili 199 keluarga penerima manfaat, saya mengucapkan terima kasih banyak pada Pemkab Solok,” terangnya.

Pihaknya juga menyebutkan, dengan adanya program tersebut sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan dan ia mengajak untuk memanfaatkan bantuan itu dengan sebaik-baiknya. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Disdikbud Sijunjung Gelar Sosialisasi Implementasi SPM

Rab Sep 30 , 2020
SIJUNJUNG, KP –Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Ramler, membuka secara resmi Sosialisasi Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM), di Aula Dinas Pendidikan daerah setempat, baru-baru ini. Sosialisasi yang diikuti 20 orang pengawas TK/SD itu, digelar Dinas Pendidikan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Serta turut dihadri Kepala Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretaris […]