24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Madrasah Kini Jadi Saingan Berat Lembaga Pendidikan Lain

BATUSANGKAR, KP – Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan didampingi Ka Kankemenag Tanahdatar H.Syahrul dan rombongan melakukan Penilaian Kinerja Kepala MTsN tingkatProvinsi Sumbar di MTsN 1 Tanahdatar, Rabu sore (30/9).

Untuk Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tingkat MTs di Tanahdatar ada 8 Madrasah yang dinilai. Untuk Tim Kabag TU ada 6 madrasah masing-masing MTsN 1 Tanahdatar Tanjung Emas, MTsN3 Tanahdatar Lawang Mandahiling, MTsN9 Tanahdatar Pangian, MTsN10 Tanahdatar Sungayang, MTsN13 Tanahdatar Padang Ganting, dan MTsN15 Tanahdatar Tanjung Barulak.

Adapun Tim Penilai yang melakukan penilaan kepada 6 mas asah tersebut masing masing Kabag TU H. Irwan sepak Ketua Tim, dan anggota yakni Mofri Antoni Kasi Bid. Penmad, Adri Kamal Analisis Sapras Bid Penmad, Nove Hendri Analis Kesiswaan Bid. Penmad dan Roni

Sementara dua madrasah lainnya yang dinilai masing-masing MTsN5 Tanahdatar Panjauan dan MTsN12 Tanahdatar Pitalah dan dinilai oleh Tim H. Afrizal Kasi Kurikulum Bid.Penmad Kanwil Kemenag Sumbar.

Kabag TU H.Irwan menjelaskan madasah saat ini merupakan lembaga yang menjadi saingan berat dari lembaga pendidikan lainnya, karena mutu pendidikan di madrasah dari waktu ke waktu semakin meningkat, dan tamatan madrasah itu banyak yang dapat terima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di wilayah Indonesia.

Untuk memajukan suatu madrasah, sangat diperlukan peningkatan dan pengembangan Ilmu Teknologi, Kreatifitas dan keterampilan lainnya di madrasah.

Kabag TU H.Irwan Kepada Kepala MTsN1 Tanahdatar Hj. Yulismar memberikan semangat kepada Waka, Kaur TU dan para majelis guru serta ASN pada masrasah untuk selalu meningkatkan kinerjanya demi terwujudnya masyarakat asah yang hebat dan bermatabat.

Kepada anggota Tim Penilai Kinerja Kepala Madrasah tersebut Kabag TU meminta untuk dapat melakukan penilaian secara transparan dan terbuka objektif.

Sementara itu Ka Kankemenag Tanahdatar H.Syahrul mengatakan, penilaian kinerja Kepala madrasah itu merupakan suatu evaluasi dari hasil kerja yang dilakukan Kepala madrasah tersebut.

Dari hasil penilaian itu dapat dilihat apa saja yang belum dilakukan oleh Kepala madrasah dalam meningkatkan dan memajukan madrasah.

Ka Kankemenag mengharapkan agar kepala madrasah, Kaur TU, Majelis Guru dan Pegawai TU untuk selalu menimba ilmu, mengikuti ngkatkan kemampuan untuk mengelola madrasah sehingga menjadi madrasah yang hebat dan bermartabat.

Sebelum penilaian Kepala MTsN. 1 Tanahdatar Hj. Yulismar menyampaikan ekspos perkembangan pendidikan yang dicapai madrasahnya. (mas)