OJK dan Ipemi Beri Pembekalan tentang Perencanaan Keuangan di Masa Pandemi

PADANG, KP – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat bersama Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) membekali para muslimah yang tergabung dalam Persaudaraan Muslimah (Salimah) Sumbar kiat merencanakan keuangan di masa pandemi melalui webinar bertema Perencanaan Keuangan di Masa Pandemi digelar oleh PW Salimah Sumbar, Rabu (30/9).

Kepala Kantor OJK perwakilan Sumbar Misran Pasaribu mengatakan sebagai lembaga otoritas keuangan yang diatur Undang-Undang no 21 Tahun 2011 pihaknya memiliki tugas pengaturan dan pengawasan terhadap lembaga keuangan serta memiliki tanggungjawab melakukan pencegahan dan perlindungan konsumen.Untuk itu pihaknya terus melakukan edukasi di tengah besarnya dampak pandemi di semua sektor, dan pelaku usaha.

“Ditambah maraknya investasi ilegal dan bodong yang menyasar semua lapisan masyarakat dan strata ekonomi dan pendidikan. Sehingga masyarakat yang tidak paham investasi mudah tergiur di tengah sulitnya ekonomi tanpa memperhatikan prinsip legal dan logis,” katanya.

Ia memaparkan para perempuan dan pelaku usaha perlu mendapatkan edukasi dalam merencanakan keuangan, mengelola pinjaman dan sumber keuangan serta waspada terhadap investasi ilegal. Menurutnya pada September 2020 OJK mencatat terdapat 208 usaha entitas ilegal dan untuk mengetahui legalitasnya masyarakat dapat mengakses website OJK.

Pada kesempatan itu juga dipaparkan soal perencanaan keuangan di masa pandemi meliputi pengenalan kondisi keuangan pribadi, identifikasi tujuan keuangan, dan membuat rencana keuangan, agar bisa lebih efektif, efisien dan bermanfaat.Keuangan yang sehat adalah yang memiliki indikasi memiliki dana cadangan empat sampai 12 kali pengeluaran rutin, maksimal cicilan 30 persen dan setidaknya 10 persen nya dari penghasilan dapat ditabung, ujarnya.

Sementara, Pimpinan Wilayah (PW) Salimah Laila Isrona menyampaikan kegiatan ini bermanfaat bagi organisasi perempuan karena banyak yang terdampak dari suasana pandemi ini.Selain itu, Laila menyatakan harapan nya agar Salimah dapat bersinergi dengan OJK untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan dan menjalin kerjasama lainnya.

Pada sisi lain ketua Ipemi PD Padang Fitri Majid menyampaikan kegiatan ini menjawab keresahan para pengusaha di masa pandemi.Ia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat dan menjadi solusi untuk perencanaan keuangan dunia usaha. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Camat dan Lurah Diminta Sosialisasi Perda AKB

Rab Sep 30 , 2020
PADANG, KP – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Padang Hendri Septa menekankan kepada camat dan para lurah se-Kecamatan Kuranji agar memasifkan lagi sosialisasi Perda tentang Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) yang telah dikeluarkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Hal itu disampaikan Wako Hendri sewaktu melakukan sosialisasi sekaligus memotivasi para lurah dalam meningkatkan penanganan […]