18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, PemkoPariaman Intruksikan Pengibaran Bendera

PARIAMAN, KP – Pemerintah Kota Pariaman menginstruksikan pengibaran bendera penuh pada 1 Oktober dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

PltWalikota Pariaman, Mardison Mahyuddinmengatakan, instruksi pengibaran bendera ini ditujukan seluruh instansi pemerintahan, perkantoran, BUMN/BUMD, Kecamatan, Desa/Kelurahan dan warga masyarakat Kota Pariaman.

Sebelumnya, Rabu (30/9) juga diinstruksikan untuk memasang bendera merah putih setengah tiang pada Rabu (30/9). Lalu, satu tiang penuh pada Kamis (1/10) sebagai peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

“Pemasangan bendera setengah tiang ini untuk mengenang tewasnya enam jenderal dan seorang perwira pertama dalam tragedi G30S/PKI agar kedepan diharapkan peristiwa ini tidak terulang kembali,”ujar Mardison, kemarin.

Ia menyebutkan pengibaran bendera setengah tiang ini bertujuan agar generasi muda tidak melupakan kejadian sejarah kelam bangsa Indonesia, sehingga peristiwa tersebut tidak terulang kembali.

‚ÄúPancasila sebagai dasar Negara, dan Pancasila sebagai ideologi bangsa merupakan cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa Indonesia, serta menjadi tujuan hidup berbangsa dan bernegara dan sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia,” ujar Mardison mengakhiri.(war/*)