24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pjs Wako Asben Hendri Paparkan Tiga Program Kerja Utama

SOLOK, KP – Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Solok Asben Hendri telah resmi dikukuhkan Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno di Auditorium Gubernuran, Jumat pekan lalu (25/9). Sebelumnya, Asben Hendri yang merupakan pejabat eselon II Pemprov Sumbar, yakni Kepala Dinas Perdagangan diusulkan ke Menteri Dalam Negeri. “Tentunya sudah ada ketentuan jelas dari semua yang kami usulkan,” kata gubernur.

Sehubungan dengan itu, secara resmi Asben akan melaksanakan tugas sebagai Pjs mulai 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020 mendatang sejalan dengan masa kampanye Pilkada. Di samping itu Irwan Prayitno meminta delapan pejabat yang dikukuhkan sebagai Pjs agar memaksimalkan kondusifitas sosial politik selama kampanye Pilkada berlangsung. Serta meminta mereka segera berkoordinasi dengan KPU setempat untuk menguatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan selama kampanye. Jangan sampai kerawanan potensi penularan Covid-19 meningkat. “Mudah-mudahan dengan lima tugas itu, para Pjs Bupati/Walikota bisa menjalankannya dengan baik dan lancar,” harapnya.

Gubernur juga berharap para Pjs Bupati dan Walikota untuk sementara bisa mengatur waktu, urusan pemerintah daerah jangan sampai terbaikan. Karena seorang penjabat kepala daerah harus bisa mengatur waktu untuk kepentingan pembangunan daerah. kemudian gubernur juga berpesan agar bisa menjaga netralitas ASN di masing-masing wilayah, jangan sampai terjadi pelanggaran.

Selain itu Pjs Bupati/Walikota segera memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan kebijakan bersama DPRD. Mereka harus memelihara ketertiban masyarakat dan memfasilitasi pemilihan Bupati dan Walikota sampai ada kepala daerah definitif. Selanjutnya pengukuhan juga dilakukan terhadap istri masing-masing menjadi penjabat sementara TP-PKK. Pengukuhan dilakukan Ketua TP-PKK Sumbar Nevi Zuairina, pada tempat yang sama.

Asben Hendri Bakal Lakukan Tiga Hal Utama di Kabupaten Solok

Pada Selasa (29/9), Pjs Walikota Solok Asben Hendri, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pilkada 2020, di Ruang Rapat Walikota Solok. Turut hadir pada kesempatan itu Plt Ketua DPRD Kota Solok Bayu Kharisma, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, Ketua LKAAM Kota Solok H. Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Ketua KPU Kota Solok Asraf Danil, Asisten I Setda Kota Solok Nova Elfino, Ketua MUI Kota Solok Afrizal Thaib, Kepala OPD terkait, serta Camat se-Kota Solok.

Pjs Walikota Solok Asben Hendri mengatakan, usai pengukuhan beberapa waktu lalu, ada tiga hal utama yang akan dilakukannya di Kota Solok. Yakni meneruskan program yang telah disusun Wako-Wawako, menyukseskan Pilkada serentak 2020 dan memastikan netralitas ASN di lingkungan Pemko Solok, serta mengendalikan dan mencegah penyebarluasan Covid-19 di Kota Solok.

“Saya akan melaksanakan tugas selama 71 hari. Mohon kerjasama dan dukungan dari Forkopimda, ASN, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang, serta seluruh masyarakat Kota Solok,” sebutnya. (van)