BPBD Sumbar Serahkan APD ke Pemkab Tanahdatar

BATUSANGKAR, KP – Dalam upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, Pemprov Sumbar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) ke Pemkab Tanahdatar. Bantuan APD tersebut diantarkan langsung oleh pihak BPBD Sumbar menggunakan Helikopter BNPB tipe N303AJ, kepada Pjs. Bupati Tanahdatar Erman Rahman, didampingi Forkompinda dan Kepala OPD terkait, di lapangan Dang Tuangku Bukik Gombak, Selasa (29/9) kemarin.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur, bantuan APD itu diserahkan mengingat terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di beberapa kab/kota di Provinsi Sumatra Barat. “Ini kita berikan mengingat persediaan atau kebutuhan APD di kabupaten kota sangat tinggi. Hal itu akibat masih meningkatnya kasus di beberapa kabupaten/kota,” ungkapnya.

Rumainur merincikan, untuk Tanahdatar diserahkan APD/Hazmat 1500 buah, face shield 300 buah, kacamata google 200 buah, baju gown 10 karung, handscoon Sensi 24 dus, handscoon Sensi panjang 10 dus, Hand Sanitizer Spray 5 dus, Hand Second Panjang 5 dus dan Sepatu Boat 2 Dus, Hand Scoond/Hand Seal 20 buah, Hand Glove 12 buah dan Masker N.95 Tenaga Medis 1.000 lembar.

Sementara itu Pjs Bupati Tanahdatar, Erman Rahman mengatakan, bantuan yang diterima tersebut diperkirakan akan cukup hingga Desember mendatang. “Kita perkirakan, seluruh bantuan APD akan cukup hingga Desember,” ucap Erman Rahman yang juga menjabat sebagai Kepala BPBD Provinsi Sumbar.

Erman Rahman menyampaikan, bantuan yang diberikan itu nantinya akan diperuntukkan bagi tenaga medis di Kabupaten Tanahdatar. Hal itu dikarenakan tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. “Kita tidak ingin tenaga medis terpapar Covid-19 karena ketiadaan APD yang lengkap. Untuk itu, diperlukan APD yang berkualitas premium dalam penanganan Covid-19,” pintanya.

Untuk diketahui, beberapa waktu belakangan angka penyebaran Covid 19 di Tanahdatar terus bertambah dan juga ada yang sembuh. Untuk itu, tenaga medis perlu pengamanan diri yang ekstra agar tidak tertular. “Bantuan dengan kualitas premium ini akan kita distribusikan ke puskesmas dan rumah sakit,” sebutnya.

Erman menambahkan, selain diperuntukkan bagi tenaga medis, bantuan non medis juga disediakan. Di mana bantuan non medis nantinya akan diperuntukkan bagi petugas yang berjaga, baik di tempat isolasi, karantina perbatasan hingga kecamatan. “Kami ucapkan terima kasih kepada BPBD Sumbar atas dukungan penyediaan APD dan Insya Allah Pemkab akan fokus ke penanganan Covid-19,” terangnya.

Kepada masyarakat, Pjs. Bupati Erman Rahman juga mengingatkan agar selalu memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas. (nas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tim Terpadu Pastikan ASN dan Tamu Patuhi Prokes saat Berkunjung ke Kantor Bupati Tanahdatar

Sel Sep 29 , 2020
BATUSANGKAR, KP – Tim terpadu Pemerintah Kabupaten Tanahdatar melakukan kegiatan penertiban non justisia tentang pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan, kepada ASN dan tamu yang berkunjung ke komplek perkantoran bupati, Pagaruyung, Selasa (29/9) kemarin. Tim terpadu yang terdiri dari personel Satpol PP, Dinas Perhubungan, TNI dan Polri itu, bertugas sebagai bentuk penerapan Peraturan […]