Cegah Banjir, Drainase di Rawang Dikeruk

PADANG, KP – Kota Padang sekarang sudah memasuki musim penghujan. Untuk mengatasi genangan air atau banjir, Dinas PUPR Kota Padang melakukan normalisasi di sepanjang saluran drainase. Salah satunya di kawasan Jondul, Rawang, Kecamatan Padang Selatan.

Lurah Rawang Andi Amir didampingi Babinsa Pahala Silitonga meninjau pengerukan sedimen di saluran drainase tersebut, Rabu (2/9). Sedimen di dalam drainase dimasukkan ke dalam karung yang bisa dimanfaatkan nantinya.

“Pengerukan ini untuk memperlancar aliran air dan menghindari sedimentasi tanah, sampah, dan rerumputan yang berpotensi menjadi penyebab genangan air dan banjir,” ujar Lurah Andi Amir.

Ia mengimbau kepada seluruh ketua RT/RW dan masyarakat untuk selalu menjaga dan membersihkan saluran drainase di lingkungan masing masing.

“Mari bersama menjaga kebersihan saluran air. Tujuannya untuk kepentingan bersama juga.Larangjika ada yang sengaja membuang sampah ke dalam saluran air,” kata Andi Amir.

Ia menegaskan pencegahan banjir dapat diwujudkan dengan upaya penanggulangan masalah sampah secara gotong-royong antar masyarakat dan pemerintah.

“Sampah harusmenjadi tanggung jawab berama seluruh lapisan masyarakat. Mulailah dari hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Jangan buang sampah pada selokan atau drainase,” tukas Andi Amir.(ip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sebanyak 178.180 Tenaga Kerja di Sumbar Dapat Bantuan Upah

Kam Sep 3 , 2020
PADANG, KP – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbar mencatat sebanyak 178.180 tenaga kerja yang bergaji di bawah Rp5 juta di Provinsi Sumbar sebagai penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari Kementerian Tenaga Kerja. Kepala Disnakertrans Sumbar Zudarmi, di Padang, Rabu (2/9), menyatakan sebanyak 178.180 pekerja telah terdaftar sebagai penerima […]