Hujan Deras dan Angin Kencang, Padang Dilanda Longsor, Banjir, dan Pohon Tumbang

PADANG, KP – Bencana longsor, banjir, serta pohon tumbang terjadi sejumlah titik di Kota Padang. Hal itu terjadi setelah hujan deras dan angin kencang melanda sejak Kamis dinihari (10/9) hingga pukul 11.00 WIB.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Sutan Hendra menyebutbencana longsor terjadi di Kawasan Kelok Jariang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Longsor yang terjadi pada bekas tambang galian C di KM 26 Bungus Teluk Kabung itu diketahui sekitar pukul 05.30 WIB. Akibatnya akses jalan Padang-Painan putus total. Macet dari arah Padang mencapai 1,5 kilometer sedangkan dari arah Pesisir Selatan sudah sampai ke batas kota. Hal itu dikarenakan material longsor yang menimbun badan jalan cukup panjang hingga 50 meter dengan ketinggian sekira 80 cm.

Satu unit alat berat diekrhakan ke lokasi untuk membersihkan material longsor. Sekitar pukul 09.00 WIB akses jalan sudah dapat dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Kita harapkendaraan berhati-hati melewati lokasi inikarena curah hujan yang mengguyur Kota Padang diperkirakan masih cukup tinggi,” ujarnya.

Sutan Hendra menyampaikan longsor juga terjadi di dua titik di Kawasan Bukik Lampu. Namun, tidak sampai mengganggu akses jalan.

Selain itu longsor juga terjadi di Jalan Lama Koto Kaciak dan Jalan baru menuju ke Pantai Air Manis. Kemudian di RT05/RW01 Jondul Rawang, di Jalan Sutan Syahrir Gg. Masjid Muhajjirin RT 03/RW 09 yang menimpa dua dapur rumah warga, di RT05/RW05 Teluk Bayur menimpa satu rumah warga, dan di Bukit Gado-Gado, tepatnya di atas Masjid Jabaldin.

Selain longsor, banjir dan genangan air terjadi di 13 titik di Kota Padang. Yaitu di Komplek Jondul RawangKelurahan RawangKecamatan Padang Selatan, Kelurahan Air ManisKecamatan Padang Selatan, dan di Belakang Kantor Koramil 03 Padang Selatan.

Kemudian di Perumahan Bungus Jurai Permai, Kelurahan Bungus Barat, Simpang 6 Pondok, Parak Rumbio, Jalan Batuang Taba, Kelurahan Arai Pinang, Jalan Bypass Simpang Empat Lubeg, dan di belakang Mesjid Muhalimin Banuaran.

Selanjutnya di depan SD 03 Kelurahan Alai Parak KopiKecamatan Padang Utara, seputaran Jati, Parak Laweh, Jalan Koto Gadang, Bungus Timur, Jalan CendrawasihKelurahan Air Tawar BaratKecamatan Padang Utara, serta di Parak JambuKelurahan Dadok Tunggul Hitam.

“Ketinggian air bervariasi dari 30 cm hingga maksimal satu setengah meter,” sebutnya.

Sementara itudelapan pohon juga ikut tumbang akibat hujan deras dan angin kencang tersebut. Empat diantaranya di jalan baru arah ke Pantai Air Manis menuju Lantamal IIKecamatan Padang Selatandan di Jalan Mangga RT05/RW06 Perumnas 3 Indaruang.Kemudian di Kampuang Lereng RT2/RW 2 Kelurahan Tabiang Banda Gadang, Jalan Sutan Syahrir Gg Masjid Muhajjirin RT04/RW09 Kelurahan Mata Air, dan Komplek Perumahan Mulya Asri Tanjung Saba Pitameh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KASUS DUGAAN KORUPSI DANA INFAK MASJID RAYA SUMBAR, Berkas Dinyatakan Lengkap, Tersangka YR Segera Disidang

Kam Sep 10 , 2020
PADANG, KP – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Sumbar menyatakan berkas kasus dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana infak Masjid Raya Sumbar dan APBD Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar tahun 2019yang menjerat oknum ASN berinisial YR dinyatakan telah lengkap.Kasi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sumbar Yunelda mengatakan selanjutnya akan disiapkan […]