Joging dan Bersepeda Termasuk Olahraga yang Disarankan Pakar Selama Pandemi

PADANG, KP – Olahraga yang bisa dilakukan selama pandemi covid-19 menurut pakar olahraga dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (UNP) adalah beberapa jenis olahraga kardio atau aerobik dan anaerobik yang bisa dilakukan di rumah.

Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Dr. Umar, MS., AIFO, Rabu (9/9), menyebutbahwa olahraga yang baik saat pandemi untuk golongan kardio atau aerobik adalah jalan, joging, bersepeda, yoga, dan senam aerobik.

“Olahraga kardio atau aerobik ini sangat baik dilakukan karena lebih meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru,” katanya.

Ia menjelaskan untuk olahraga seperti jalan, joging, dan bersepeda bisa dilakukan di rumah saja dengan menggunakan alat treadmill dan ergocicle karena akan lebih aman dan kecepatannya pun bisa diatur sehingga lebih aman.

Begitupun dengan olahraga yoga yang lebih mengarah ke sistem pernafasan dengan mengatur tarikan nafas panjang dan membuang nafas panjang. Keuntungannya adalah secara psikologis bisa membuat kita lebih fokus.

“Untuk senam aerobik cukup dilakukan di rumah saja dengan membuka video senamnya di youtube lalu kita ikuti gerakannya,” tambah dia.

Kemudian untuk jenis olahraga anaerobik atau diartikan olahraga yang intensitasnya tinggi dan lebih melatih otot-otot tertentu saja. Contoh olahraga yang bisa dilakukan di rumah adalah skipping atau lompat tali kemudian olahraga angkat beban.

Ia menerangkan manfaat dari olahraga aerobik itu lebih mengutamakan sistem kardiovaskular yakni jantung, paru, dan sirkulasi karena dengan intensitasnya rendah waktu latihannya juga lama tapi kalau anaerobik umumnya berguna untuk melatih otot-otot lokal atau spesifik.

“Yang bagus itu gabungan keduanya sehingga dari sistem kardionya kita bagus, sistem otot dan organ lain juga bagus,” katanya.

Ia menyarankan waktu yang baik melakukan aktivitas olahraga adalah pagi hari atau setelah shalat subuh sebab udara masih segar. Kemudian untuk durasinya paling bagus adalah satu hingga 1,5 jam tapi harus intensif. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Masih Banyak Warga Keluhkan Belum Dapat Bansos

Rab Sep 9 , 2020
PADANG,KP – Anggota DPRD Kota Padang Meilasa Waruwu melakukan reses masa sidang III tahun 2020 dengan menjemput aspirasi warga di Kelurahan Koto Kaciak Mata Air dan di Bukik Lantiak Kelurahan Seberang Palinggam, Kecamatan Padang Selatan. “Banyak aspirasi warga yang kita tampung dalam reses ini, “sebut Mailasa Waruwu melalui selulernya ketika […]