Kemenpan-RB Evaluasi Penerapan SAKIP Kota Bukittinggi Secara Daring

BUKITTINGGI, KP – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kembali melakukan evaluasi penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2020. Berbeda dengan tahun sebelumnya, dengan adanya Pandemic Covid-19, untuk evaluasi SAKIP tahun ini dilakukan secara daring (zoom meeting).

Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias didampingi Sekda H. Yuen Karnova, Asisten I Setda H. Nofrianto, Inspektur Amri dan Kepala Bapelitbang Rismal Hadi menyampaikan progres penerapan SAKIP Pemerintah Kota Bukittinggi di hadapan tim evaluasi Kemenpan-RB di ruang Bukittinggi Command Center (BCC). Sementara masing -masing kepala SKPD mengikutinya secara daring di lokasi kantor SKPD masing-masing, Rabu (2/9).

Dalam paparannya, Wako Ramlan menjelaskan perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan sesuai rekomendasi yang diberikan Kemen pan-RB sebelumnya pada saat penerimaan hasil penilaian SAKIP tahun 2018 yang dinilai pada tahun 2019. “Perbaikan-perbaikan yang kita lakukan sesuai rekomendasi dari Kemenpan-RB, di antaranya terkait perbaikan dokumen perencanaan kinerja, kemudian evaluasi kinerja dan juga laporan kinerja. Perbaikan dokumen perencanaan kinerja mulai dari RPJMD kota tanpa merubah substansi atau roh dari RPJMD itu sendiri, kita lakukan perbaikan ini sesuai kaidah perencanaan yang ada,” ujarnya. 

Ditambahkannya, pada intinya rekomendasi yang disampaikan Kemenpan-RB terhadap perbaikan akuntabilitas Pemerintah Daerah telah dilakukan. “Harapan kita tentunya dengan perbaikan yang dilakukan ini nilai kita bisa meningkat, kalau biasanya nilai kita BB bisa meningkat menjadi A. Kalaupun itu belum tercapai karena masih adanya penyempurnaan, tapi nilai kita sudah bisa meningkat apabila sekarang masih 70,84 kita berharap nantinya sudah di kisaran mendekati angka 80,” harap Wako.

Sementara Kepala Bapelitbang, Rismal Hadi mengatakan, dari evaluasi yang dilakukan masih ada beberapa catatan lagi yang harus disempurnakan untuk perbaikan SAKIP Pemko Bukittinggi. Namun pihak evaluator memberikan apresiasi atas perbaikan yang telah dilakukan. “Jadi dari evaluasi yang dilakukan, memang masih ada beberapa catatan yang tetap harus kita sempurnakan lagi dari rekomendasi tersebut. Namun pihak evaluator Kemenpan-RB sudah memberikan apresiasi kepada kita terhadap perbaikan yang telah dilakukan. Untuk penyempurnaannya, kita diberi kesempatan satu bulan ke depan dan hal ini tentu akan kita sikapi demi untuk semakin membaiknya akuntabilitas kinerja Pemko Bukittinggi,” ujar Rismal Hadi.

Di samping itu, setelah acara pemaparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi oleh tim evaluasi yang kemudian dilanjutkan pemaparan SAKIP SKPD oleh masing-masing kepala SKPD yang ditunjuk secara acak oleh tim evaluasi. Adapun SKPD yang ditunjuk untuk melakukan pemaparan, yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. (eds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ratusan ASN dan Non ASN Pemko Bukittinggi Lakukan Tes Swab

Kam Sep 3 , 2020
BUKITTINGGI, KP – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di lingkungan Pemko Bukittinggi melakukan tes swab. Tes yang juga diikuti para Pejabat Pemko Bukittinggi itu dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi di Halaman Samping Balaikota Bukittinggi, Kamis (3/9). Tes swab tersebut dilakukan terkait adanya satu orang ASN yang […]