Mari Syiarkan MTQNasional di Sumbar

SEKITAR tiga bulan lagi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 akan berlangsung di Sumatra Barat. Sikabu Lubuk Alung ditetapkan jadi arena utama pelaksanaan musabaqah tersebut.

Kita sebagai warga Sumbar tentu berkewajiban menyukseskan acara religi bergengsi ini. Apalagi daerah ini pernah dulunya jadi tuan rumah MTQ Nasional ke-13tahun 1983 atau sekitar 37 tahun silam semasa Gubernur Ir. H. Azwar Anas.

Sudah mentradisi, apapun ivennasional di Sumbar dipastikan berdampak positif bagi daerah ini. Begitu jugadengan MTQ Nasional ke- 28 ini. Insya Allah nilai positifnya segera dirasakan. Yang utama, syiar tilawah semakin menyejukkan negeri ini. Juga bangunan fisik termasuk arenanya, pasti menghadirkan perkembangan baru bagi kawasan Lubuk Alung dan sekitarnya. Ditambah lagi jalan tol yang jelas berdampak positif bagi kawasan Sikabu dan sekitarnya sebagai kawasan elite nantinya.

Oleh karena itu, harapan besar sangat tergantung pada tim kerja MTQ Nasional ke-28 ini. Semoga tahapan demi tahapan pelaksanaan pesta religi ini sukses dalam arti yang sebenarnya dan terjauh dari beragam problema mengecewakan.

Sudah saatnya dalam tempo singkat ini tahapan publikasi disemarakkan. Baliho raksasa pantas mulai dipasang di kawasan-kawasan strategis, seperti di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), persimpangan jalan utama, kantor pemerintahan dan swasta, serta di media massa, televisi, radio, dan lainnya.

Bagaimanapun, Sumbar sudah berpengalaman melaksanakan berbagai iven nasional. Untuk itu, sangat tidak diharapkan muncul ‘nada sumbang’ gugat-menggugat yang memalukan. Karena masih panjang waktu persiapan, semoga yang direncanakan termasuk penampilan kafilah terjauh dari bermacam hal yang tak diinginkan.

Pada MTQ Nasional ke-13 tahun 1983 silam, partisipasi beragam lembaga pemerintahan termasuk TNI sangat luar biasa. Sampai sekarang masih dapat kita nikmati hasil fisiknya, seperti GOR H. Agus Salim, Kampus Akademi Ilmu Alquran (AIQ) di Komplek PGAI belakang Bank Indonesia, ruas jalan Khatib Sulaiman sampai ke Tabing, Jalan Raden Saleh, dan banyak lagi lainnya.

Semoga saja MTQ Nasional ke-28 ini juga jadi moment penting meningkatkan kesehatan secara nasional. Pantas dilafazkan do’a mustajab oleh Ketua Umum MUI Pusat nantinya pada pembukaan MTQ Nasional yang Insya Allah dihadiri Presiden Joko Widodo.

Dengan dengungan merdu ayat suci Alquran dari tanah bertuah Minangkabau ini yang dilantunkan qari dan qariah dari berbagai provinsi di Indonesia, mudah-mudahan mampu menghabisi virus corona dari kawasan adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah ini. Aamiin. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Delapan Tahun Buron, Napi Kasus Korupsi Berhasil Ditangkap

Rab Sep 2 , 2020
PADANG, KP – Buron selama delapan tahun, akhirnya terpidana kasus […]