Pasaman Terima 20 Unit Alat Pengelolaan Sampah dari PT. Semen Padang

LUBUKSIKAPING, KP – Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman menerima bantuan 20 unit alat pengelolaan sampah dari PT. Semen Padang. Bantuan dari PT. Semen Padang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) itu diberikan kepada Dasawisma Kemiri 8 Jorong Sentosa, Nagari Panti Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman dalam program wanita peduli sampah, terutama bagi kalangan ibu rumah tangga di daerah itu. 

“Ini merupakan salah satu komitmen PT Semen Padang terhadap lingkungan di sekitar dan menunjang program wanita peduli sampah di Pasaman,” ujar Staf CSR PT Semen Padang Jayus Karnedi, usai penyerahan bantuan kepada Ketua Dasawisma Kemiri 8 Irawati, di halaman Kantor Camat Panti, Senin (31/8).

Jayus Karnedi menjelaskan, puluhan alat yang diberikan itu dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengolahan sampah di lingkungan sekitar dengan baik bagi kalangan Ibu rumah tangga.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny Suryani Yusuf Lubis menjelaskan, program wanita peduli sampah di Provinsi Sumatra Barat telah dimulai pada tahun 2018. “Ibu Rumah Tangga (IRT) sangat berperan penting dalam pengelolaan sampah, terutama sampah rumah tangga. Kaum ibu adalah sosok utama yang menjaga kebersihan dan keindahan rumah tangga dan lingkungan di sekitarnya,” ulasnya.

Menurutnya, pengelolaan sampah yang dapat dilakukan secara sederhana di rumah tangga, antara lain pemilahan sampah bisa terpilah 3 jenis atau terpilah 5 jenis sampah, membuat kompos dari sampah-sampah organik dan juga memanfaatkan sampah anorganik menjadi barang-barang daur ulang yang dapat digunakan kembali.

“Karena itu, salah satu pelaksanaan program Wanita Peduli Sampah ini adalah penyerahan bantuan peralatan pengelolaan sampah kepada dasawisma. Dan dari hasil verifikasi bersama antara Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatra Barat, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasaman dan TP-PKK Kabupaten Pasaman, maka ditunjuk Dasawisma Kemiri 8 sebagai penerima bantuan peralatan pengelolaan sampah tersebut,” katanya.

Ny Suryani berharap, dengan bantuan yang diterima itu Dasawisma Kemiri 8 dapat melakukan pengelolaan sampah rumah tangga sendiri secara berkelanjutan dan menjadi contoh untuk Dasawisma lainnya di Kabupaten Pasaman.

Sementara itu Bupati Pasaman Yusuf Lubis, mengucapkan terimakasih kepada PT. Semen Padang atas bantuan alat pengolahan sampah tersebut, semoga ke depan bantuan itu terus berkelanjutan. Selain itu bantuan alat pengolahan sampah tersebut akan dimanfaatkan Dasawisma Kemiri 8 terutama bagi ibu rumah tangga, dalam pengelolaan sampah terutama sampah rumah tangga di daerah tersebut. 

“Mudah-mudahan dengan adanya alat pengolahan sampah ini, ke depan para Ibu rumah tangga di daerah ini dapat  memanfaatkan sampah anorganik menjadi barang-barang daur ulang yang dapat digunakan kembali,” katanya.

Selain itu turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasaman, Camat Panti, Ketua TP-PKK Kecamatan Panti beserta Anggota, Wali Nagari Panti dan Ketua TP-PKK Nagari Panti beserta Anggota serta undangan lainnya. (nst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bau Limbah Comberan Depan Sekretariat PMI Sijunjung Dikeluhkan Warga

Sel Sep 1 , 2020
SIJUNJUNG, KP –Warga Nagari Muaro-Sijunjung khususnya yang berada sekitar Sekretariat […]