PERGUB SEGERA DIBUAT ASN di Sumbar Bisa Cuti Dampingi Istri Melahirkan

PADANG, KP – Pemprov Sumbar akan membuat peraturan gubernur (pergub) tentang pemberian cuti kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menemani istrinya melahirkan. Selama ini dalam kenyataannya ASN selalu minta izin secara lisan kepada atasan mereka. Maka, dengan adanya pergub nantinya, ASN yang tidak masuk kantor karena mendampingi istrinya bisa dilakukan secara legal.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan dasar pembuatan pergub itu merupakan turunan dariPeraturan Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2017tentang Tata Cara Pemberian Cuti Pegawai Negeri Sipil

“Cuti bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) laki-laki yang mendampingi istrinya melahirkan bukanlah cuti tersendiri, tetapi merupakan salah satu jenis cuti, yakni cuti karena alasan penting. Berdasarkan Pasal 310 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, ada tujuh jenis cuti untuk PNS, yaitu cuti tahunan, cuti besar, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti karena alasan penting, cuti bersama, dan cuti di luar tanggungan negara,”kata gubernur, kemarin.

Irwan Prayitno menjelaskan cuti tersebut bukanlah cuti tersendiri karena istri melahirkan, tetapi cuti karena alasan pentingyang antara lain dapat diambil untuk mendampingi istri apabila proses kelahirannya betul-betul membutuhkan pendampingan, seperti operasi caesar atau membutuhkan perawatan khusus.

“Cuti alasan penting bagi ASN laki-laki mendamping istri melahirkan ini cukup 10 hari sajasehingga tidak menjadi alasan nantinya perkerjaan kantor terhambat,” ujarnya.

Irwan Prayitno menambahkan rancangan pergub itu akan diusulkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan sesuai aturan yang ada dan sesuai Pengarusutamaan Gender (PUG). Nantinya usulan pergub itu juga akan dibahas dan dipelajari oleh Biro Hukum Setdaprov. (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Terpengaruh Video Porno, Ayah ‘Garap’ Anak Kandungnya Korban Masih Balita, Dicabuli Hingga Pendarahan

Jum Sep 4 , 2020
PAYAKUMBUH, KP – Seorang pria berinisial RS (32 tahun) warga […]