PILKADA KOTA SOLOK, Empat Bapaslon Walikota – Wakil Walikota Mendaftar ke KPU

SOLOK, KP – Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Kota Solok 2020 mulai ditabuh. Sebanyak empat bakal pasangan calon (bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Solok, telah mendaftar dan dapat dipastikan bertarung pada kontestasi politik tahun ini. Seluruh masyarakat Kota Solok pun telah siap menyambut para calon pemimpin Kota Solok untuk periode lima tahun mendatang.

Pantauan KORAN PADANG, suasana pendaftaran berlangsung aman dan tertib serta mematuhi seluruh standar protokol kesehatan. Itu semua demi tetap menjalankan proses demokrasi meskipun dalam balutan pandemi Covid-19. Bapaslon yang pertama mendaftar pada Pemilihan 2020, Sabtu (5/9), dilakukan Pasangan Reinier – Andri Marant, yang dimulai dari deklarasi serta pembagian masker di Taman Syech Kukut, Kota Solok, sekitar pukul 8 pagi.

Kemudian Reinier-Andri Marant beserta rombongan beriringan datang ke KPU Kota Solok pada pukul 10:30 Wib, yang disambut seluruh Komisioner KPU Kota Solok. Pendaftaran dimulai dengan sambutan Ketua KPU Kota Solok Asraf Danil, yang kemudian dilanjutkan penyampaian maksud dan tujuan oleh Reinier selaku Bapaslon Walikota Solok. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan berkas Administratif Bapaslon.

Setelah selesai dengan persyaratan administratif, kemudian dilakukan penyerahan berita acara oleh Ketua KPU kepada Bapaslon Reinier-Andri Marant, dan diakhiri dengan konferensi pers Bapaslon Reinier-Andri Marant didukung Gabungan Partai Politik Gerindra, PPP, PDIP dan PKPI. “Alhamdulilah telah siap tugas pertama berupa pendaftaran dan telah diterima KPU Kota Solok sebagai sebuah persyaratan peserta Pemilihan 2020. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut serta secara spontanitas, turut mendampingi pendaftaran kami. Kepercayaan ini sangat mendorong semangat kami untuk makin maksimal berjuang menuju kemenangan,” kata Reinier.

Kemudian sekitar pukul 12.40 Wib, pendaftar kedua Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Solok, Ismael Koto – Edi Candra hadir dengan rombongan dan diterima dengan hangat oleh segenap Keluarga Besar KPU. Proses pendaftaran dilaksanakan dengan sambutan dari kedua belah pihak, serta dilanjutkan pemeriksaan berkas administratif Bapaslon. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan berita acara oleh Ketua KPU Kepada Bapaslon Ismael-Koto-Edi Candra dan diakhiri dengan Konferensi Pers Bapaslon. Bapaslon Ismael Koto-Edi Candra didaftarkan dengan dukungan gabungan Partai Politik Hanura dan PBB.

Pendaftar ketiga pada hari kedua pendaftaran dilakukan Bapaslon Zul Elfian-Ramadani Kirana Putra. Pendaftaran dilaksanakan hanya oleh Bakal Calon Wakil Walikota Solok Ramadani Kirana Putra, dikarenakan Bakal Calon Walikota Zul Elfian melaksanakan isolasi mandiri, pasca ditetapkan Positif Covid-19. Sedangkan proses pendaftaran Bapaslon Zul Elfian-Ramadani Kirana Putra, menurut aturan berlaku dinyatakan bahwa bapaslon yang tidak dapat hadir harus membuktikan diri tidak dapat hadir dengan surat yang dikeluarkan otoritas berwenang.

Dalam pemeriksaan berkas Administrasi Bapaslon, ketidakhadiran Bakal Calon Walikota Zul Elfian dapat dibuktikan oleh tim Bapaslon bersangkutan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan berita acara dan diakhiri konferensi pers. Bapaslon Zul Elfian-Ramadani Kirana Putra didukung Gabungan Partai Politik PAN, PKS, serta Nasdem.

Kemudian pada Minggu (6/9), pendaftar keempat dihadiri Bapaslon Yutris Can dan Irman Yefri Adang. Bapaslon beserta tim pemenangan dan iring-iringan pendukung tiba di Kantor KPU Kota Solok pada Pukul 10:00 WIB. Sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 hanya 25 orang dari rombongan Bapaslon yang diizinkan masuk ke dalam halaman KPU Kota Solok, setelah dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh tim kesehatan.

Penerimaan Bapaslon sendiri dilakukan seluruh Komisioner KPU dan segenap jajaran keluarga besar KPU Kota Solok. Kemudian dilanjutkan dengan pengantar oleh kedua belah pihak serta penyerahan dan pemeriksaan berkas administratif bapaslon. Setelah pemeriksaan, KPU Kota Solok menyerahkan berita acara tanda pemeriksaan berkas kepada Bapaslon yang kemudian diakhiri dengan konferensi pers oleh Bapaslon Yutris Can-Irman Yefri Adang. Bapaslon Yutris Can-Irman Yefri Adang didaftarkan oleh gabungan partai politik Golkar dan Demokrat.

Sementara itu Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil mengatakan, setiap pendaftar, pimpinan partai politik atau gabungan partai politik dapat mendaftarkan satu pasang calon, memperoleh jumlah kursi minimal 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Kota Solok, yaitu 4 kursi, menyertakan surat pendaftaran dari partai-partai politik, dan harus melengkapi dokumen-dokumen persyaratan. “Dengan telah selesainya pendaftaran Bapaslon ini maka seluruh partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kota Solok telah mengajukan Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Solok pada Pemilihan Tahun 2020,” kata Asraf.

Asraf Danil juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengikuti proses Pemilihan Serentak 2020 ini. Dan pada hari H pencoblosan tepatnya 9 Desember, masyarakat harus menggunakan hak pilihnya secara cermat, jangan sampai golput.

“Kita ingin memaksimalkan seluruh pelaksanaan Pemilu ini dan memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya nanti. Mari ikuti proses ini dan jangan golput,” kata Asraf. (van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

RSUD Padangpariaman Bukan Rumah Sakit Khusus Covid-19

Ming Sep 6 , 2020
PARITMALINTANG, KP – Direktur RSUD Padangpariaman, Lismawati didampingi Kasi pelayanan […]