POLRESTA PADANG SIAPKAN SEL KHUSUS , Tak Kenakan Masker, Warga Disanksi Sapu Jalan

PADANG, KP – Sejumlah warga Kota Padangmendapat sanksi menyapu jalan karena tidak menggunakan masker saat berkendara setelah terjaring Operasi Yustisi oleh petugas gabungan, Senin (21/9), di simpang Kantor DPRD Sumbar.

“Saya lupa membawa masker,” kata salah seorang warga pelanggar Dedi. Warga Air Tawar Barat tersebut mengaku berangkat dari rumah dan hendak menjemput anak ke sekolah.Namun ia mengaku lupa mengenakkan masker karena alasan terburu-buru.

“Saya terburu-buru. Biasanya selalu menggunakan masker kalau keluar rumah,” katanya.

Karena tidak menggunakan masker, Dedi serta pelanggar lainnya didata, difoto, serta dicatat identitasnya sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).Setelah didata, para pelanggar dipasangi rompi plastik dan diberi sanksi menyapu jalan serta mencabut rumput. Kemudian diberikan masker.

Operasi Yustisi digelar oleh petugas gabungan sekitar pukul 10.00 di simpang Kantor DPRD Sumbar.Petugas gabungan terdiri dari unsur Satpol-PP, Dinas Perhubungan, Kepolisian, TNI, Kejaksaan, dan instansi lainnya. Selain di simpang Kantor DPRD Sumbar, Operasi Yustisi itu juga digelar di sejumlah titik lainnya di Kota Padang.

Operasi yustisi dilakukan dalam rangka menertibkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, sekaligus menyosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 15 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Polresta Padang Siapkan Sel Khusus untuk Pelanggar Perda AKB

Polresta Padang meyiapkan sel tahanan khusus bagi pelanggar protokol kesehatan covid-19. Sel khusus itu jika sanksi pidana Perda Adaptasi Kebiasaan Baru Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 sudah diberlakukan. Saat ini perda itu masih diproses di Kemendagri sehingga sanksi belum bisa diterapkan.

Kapolresta Padang AKBP Imran Amir mengatakan ruang tahanan di Polresta Padang saat ini sudah over kapasitas. Kondisi itu juga dialami oleh lembaga pemasyarakatan (lapas).

“Oleh karena itu, kita siapkan sel khusus untuk pelanggar protokol kesehatan,” katanya saat ikut razia bersama Pemko Padang di kawasan DPRD Sumbar.

Ia mengatakan para pelanggar protokol covid-19 akan berada di sel yang berbeda dengan tahanan biasanya. Setiap pelanggar yang akan masuk sel khsusus juga akan diperiksa kesehatannya lewat tes swab. Polresta Padang juga akan melakukan razia setiap harinya. Razia dilakukan sampai masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Terkait adanya anggota kepolisian yang positif covid-19, ia juga mengimbau agar personil kepolisian menjaga kesehatannya dan keluarganya. Semua personil juga diminta melakukan tes swab. Hingga saat ini ada 26 anggota Polresta Padang terkonfirmasi positif covid-19. Dari jumlah itu sembuh sebanyak 8 orang. (lgm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DIBANGUN TIGA TAHAP, Progres Pembangunan Mal Pelayanan Publik Bukittinggi Capai 63 Persen

Sen Sep 21 , 2020
BUKITTINGGI, KP – Progres pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) Bukittinggi […]