SOSIALISASI DANA KAMPANYE PILKADA, Masnijon: Tak Patuh, Bisa Disanksi

LIMAPULUH KOTA, KP- Jelang penetapan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat menggelar sosialisasi dan Bimbingan Tekhnis Dana Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 di aula KPU setempat, Rabu (23/9).

Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Masnijon menyebutkan, dana kampanye merupakan tahapan penting yang harus dilalui pasangan calon. Untuk itu, KPU berharap jangan sampai pasangan calon yang telah ditetapkan jadi terganggu karena tidak melaksanakan tahapan ini.

“Tahapan dana kampanye diantaranya meliputi, pembukaan rekening khusus dana kampanye, laporan awal dana kampanye (LADK). Laporan penerimaan dana dan pengeluaran dana kampanye merupakan tahapan penting dalam Pilkada yang harus diikuti oleh pasangan calon. Jangan sampai proses ini menganggu, sebab ada sanksi jika pasangan calon tidak melaluinya,” sebut Masnijon.

Masnijon juga menambahkan, terkait dana kampanye pasangan calon bisa membuka rekening di Bank umum apa saja, namun tetap berada di wilayah pemilihan Kabupaten Limapuluh Kota.

“Rekening khusus dana kampanye bisa dibuka di Bank umum yang ada, namun harus berada di wilayah pemilihan di Kabupaten Limapuluh Kota,” ucap Masnijon.

Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Dana Kampanye tersebut juga dihadiri empat Komisioner KPU lainnya, Kapolres Payakumbuh, Kapolres Limapuluh Kota, bakal pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota, Partai Politik, LO dan Operator.

Di tempat yang sama Amfreizer, Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan menyebutkan, rekening khusus dana kampanye harus dipisah dengan rekening pasangan calon, sebab ada batasan sumbangan dana kampanye dari pihak luar.

“Rekening khusus dana kampanye harus dipisah dengan rekening pasangan calon. Rekening tersebut dibuka setelah bakal pasangan calon ditetapkan menjadi pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota, dan ditutup dua hari setelah masa kampanye atau paling lambat tanggal 7 Desember 2020,” ucap mantan Wartawan Televisi Swasta itu.

Amfreizer juga menambahkan, terkait dana kampanye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, KPU juga membuka help desk yang siap membantu LO atau Operator Dana Kampanye Pasangan Calon. (dst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dua Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Solok Gugur di Pilkada 2020

Rab Sep 23 , 2020
SOLOK, KP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solokmengumumkan penetapan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Solok yang lulus tes administrasi dan berhak ikut Pilkada Kabupaten Solok tahun 2020. Ketua KPU Kabupaten Solok,Gadis menyebutkan, dari 5 bakal paslon yang mendaftar, hanya 3 saja yang memenuhi syarat administrasi. Dua yang […]