Terjaring Tidak Pakai Masker, Puluhan Warga Bersihkan Fasum

PADANG, KP – Meski angka posotif covid-19 di Kota Padang terus bertambah, namun masih banyak warga yang tak mematuhi protokol kesehatan. Karena itusosialisasi Perda Sumbar tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan Perwako Padang Nomor 49 Tahun 2020 tentang Pola Hidup Barumakin gencar dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Tiap hari Tim Gabungan Operasi Yustisi yang terdiri dari Satpol PP, TNI, Polri, dan SK4 Pemko Padangsibuk mengingatkan warga melalui pengeras suara agar membiasakan diri menggunakan masker setiap kali keluar rumah. Warga juga diingatkan untuk selalu menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Tidak ada kata lelah melawan pandemi ini. Petugas gabungan akan terus melakukan sosialisasi Perda AKB kepada masyarakat. Bagi mereka yang melanggar Perwako Nomor 49 Tahun 2020, kita lakukan penindakan dengan membersihkan fasilitas umum (fasum), seperti menyapu dan memungut sampah di taman kota, trotoar, gorong-gorong, jalan, serta drainase,” ucap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota PadangAlfiadi, kemarin.

Menurutnya, Operasi Yustisi akan terus dilakukan setiap hari oleh tim gabungan dengan menyasar titik-titik keramaian warga. Selain itu juga dengan mendatangi pelaku usaha dan meminta mereka untuk selalu menggunakan masker saat melayani konsumen.

“Tempat dan lokasinya berpindah-pindah dan bisa saja menetap jika banyak yang melakukan pelanggaran,” katanya.

Dalam Operasi Yustisi, Rabu lalu (23/9), sebanyak 56 orang terdata tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Mereka dikenakan sanksi membersihkan fasilitas umumsebagai efek jera. Ia berharapmasyarakat benar-benar bisa membudayakan memakai masker sebagai pakaian setiap hari, bukan karena ancaman sanksi dari perwako atau perdatetapi karena kepedulian tentang pentingnya kesehatan. (ip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Puskesmas Luki Tetap Berikan Layanan dengan Prokes Ketat

Kam Sep 24 , 2020
PADANG, KP – Layanan Puskesmas Lubuk Kilangan (Luki) tetap buka […]