UNP Gelar Pengabdian Masyarakat Bagi Konselor dan Pekerja Sosial

BUKITTINGGI, KP – Universitas Negeri Padang (UNP) bekerjasama dengan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) NEW PADOE JIWA dan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Generasi Muda Payakumbuh (GEMPA), menggandeng ilmuwan dan praktisi psikologi dari Biro Psikologi Sahabat Indonesia (PSI).

Hal itu dilakukan untuk program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui kegiatan pelatihan dengan tema “Pelatihan Teknik Mindfulness Sebagai Upaya Peningkatan Subjective Well Being pada Pekerja Sosial NAPZA di Sumatra Barat Bagian Utara” kepada para konselor dan pekerja sosial IPWL NEW PADOE JIWA dan IPWL GEMPA yang dilaksanakan di Kampus V UNP jln. Batang Masang Belakang Balok, Kota Bukittinggi, Jumat (28/8).

Ketua IPWL GEMPA Kota Payakumbuh, Wandi Novendri mengatakan, kegiatan seperti itu sangat dibutuhkan konselor dan para pekerja sosial yang bekerja di rumah rehabilitas penyalahguna zat adiktif. Karena beban emosi dan mental mengurus orang yang menyalahgunakan zat psikotropika betul menguras tenaga, emosi dan fikiran.

“Kami sangat senang dan berterimakasih adanya program yang memperhatikan kesejahteraan para konselor dan pekerja sosial, petugas kita memang butuh bantuan untuk peningkatan keterampilan lanjutan, semoga para konselor, pekerja sosial yang sejahtera lebih menularkan kesejahteraan mental itu pada klien kita,” Kata Wandi.

Di samping itu Dosen peneliti yang melakukan PKM antara lain Psikolog Rida Yanna Primanita, dan Yanladila Yeltas Putra dari UNP serta Alfian Yanda Putra dan Indri Bela Dina selaku pemateri dari Biro Psikologi Sahabat Indonesia.

Sementara Ketua IPWL NEW PADOE JIWA Kota Bukittinggi, Herman Rasyid mengatakan, pelatihan itu merupakan hasil tindak lanjut proposal PKM Dosen UNP dana PNBP tahun anggaran 2020. Kegiatan itu berlangsung selama dua hari  pada Jumat (21/8) dan Jumat (28/8). Di mana kali ini dilaksanakan di kampus V UNP Belakang Balok Bukittinggi dengan peserta berjumlah 22 orang.

“Kegiatan ini merupakan Capacity Building (peningkatan kapasitas) SDM (Sumber Daya Manusia) Peksos (Pekerja Sosial) yang telah lama kita nantikan. Kami senang sekali Ibu Yanna dari Psikologi UNP berhasil mengangkat dan menjalankan program ini. Semoga konselor dan peksos nantinya lebih mumpuni dan sejahtera dalam bertugas,” tuturnya. (oki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemko Bukittinggi Adakan Malam Pisah Sambut Kapolres

Rab Sep 2 , 2020
BUKITTINGGI, KP – Pemerintah Kota Bukittinggi menggelar malam pisah sambut Kapolres Bukittinggi dari AKBP Iman Pribadi Santoso, kepada AKBP Dody Prawiranegara, di Balairung rumah dinas Walikota Belakang Balok Bukittinggi, Selasa (1/8) malam. Selain dihadiri Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, juga turut hadir Wakil Walikota, Forkompimda, Wakil Ketua DPRD dan anggota, anggota […]