Wako Genius Kucurkan Bantuan untuk KWT

PARIAMAN, KP – Walikota Pariaman Genius Umar, kucurkan bantuan untuk KWT (Kelompok Wanita Tani) yang ada di Kota Pariaman di Kelurahan Kp Jawa II, Kamis (17/9). Didampingi sang istri yang juga Ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Kota Pariaman, Kepala DP3 (Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan), Dasril beserta jajaran, pemberian bantuan KWT itu dilaksanakan di halaman rumah dinas Walikota.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan, ia menyadari di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, perlu untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi daerah dengan keterbatasan masyarakat. Di mana bantuan itu akan sangat bermanfaat nantinya. Untuk itu ia mengimbau bahwa di masa Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, tidak boleh larut dengan situasi yang ada dan harus selalu tetap aktif dan produktif.

“Dengan adanya bantuan bibit tanaman sayur dan toga berupa jahe merah yang sangat cocok untuk meningkatkan imun tubuh ini, kami berharap dalam waktu 3 hingga 6 bulan ke depan, tanaman ini sudah bisa dipanen dan menjadi konsumsi untuk KWT dan para anggotanya,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan perkarangan, agar pengembangan pangan sesuai dengan kegiatan yang ada di DP3 Kota Pariaman. “Kami berharap tidak ada lagi lahan tidur yang tidak terurus, di mana lahan-lahan tidur ini nantinya dimanfaatkan untuk menanam bibit sayuran yang sudah dibagikan, yang gunanya nanti untuk bisa memenuhi pangan anggota KWT,” paparnya.

“Ibu-Ibu kalau sudah bergerak pasti akan menghasilkan, karena itu bantuan ini saya kira cukup untuk pemenuhan pangan anggota KWT dan bisa menjadi penghasilan kelompok nantinya benar-benar dapat diwujudkan. Sehingga KWT menjadi garda terdepan untuk ketahanan pangan bagi keluarga dan daerah,” tuturnya lebih lanjut.

“Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan dari para anggota KWT, kita berharap agar daerah kita dapat sebagai daerah tangguh pangan dan juga mempunyai ketahanan pangan sendiri. Sehingga tidak tergantung oleh daerah lain dan pangan mulai dari sayur dan buah tercukupi,” ulasnya mengakhiri.

Sementara itu Kepala DP3 Kota Pariaman, Dasril mengatakan, bantuan itu adalah bantuan tahap dua yang diberikan Pemko Pariaman untuk seluruh KWT di Kota Pariaman. Di mana tahap pertama sebelumnya sudah dibagikan bantuan untuk 10 KWT.

“Hari ini kita membagikan sebanyak 62 KWT lagi dari keseluruhan KWT di Kota Pariaman sebanyak 72 KWT se-Kota Pariaman, yang berarti seluruh KWT untuk Tahun 2020 ini mendapatkan bantuan, sesuai dengan instruksi Walikota Pariaman untuk membantu masyarakat di masa pandemi Covid-19 yang kita tidak tahu kapan akan berakhir,” tuturnya.

Sedangkan bantuan yang diberikan kepada KWT itupun jelasnya, tidak tanggung-tanggung. Di mana untuk masing-masing KWT diberikan berupa 8 paket bibit sayuran, seperti kacang panjang, cabai rawit, terong, tomat, jagung manis, kangkung, bayam dan cabai keriting ditambah dengan bibit toga, yaitu jahe merah sebanyak 15 kg.

“Kita juga memberikan pot tanaman sebanyak 60 buah, pupuk NPK sebanyak 31 KG dan pupuk organik sebanyak 201,37 KG, Waring Net sebanyak 1,5 ball ditambah polybag sebanyak 32 Kg yang semuanya berasal dari DPA APBD DP3 Kota Pariaman Tahun 2020,” tutupnya. (war/mc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Ali Mukhni Serahkan Bantuan Rumah Nelayan Senilai Rp 5,8 Miliar

Kam Sep 17 , 2020
PARITMALINTANG, KP – Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, serahkan bantuan berupa 36 unit rumah kepada nelayan di Nagari Gasan Gadang, Kecamatan Batang Gasan Padangpariaman, Rabu (16/9). Bupati Ali Mukhni mengatakan, bantuan tersebut berasal dari Kementerian PUPR senilai Rp 5,8 miliar. Selain rumah, bantuan juga diberikan oleh Pemda Padangpariaman berupa sambungan listrik […]