Awasi Tahapan Kampanye di Masa Pandemi, Bawaslu Tanahdatar Bentuk Pokja Covid-19

BATUSANGKAR, KP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanahdatar bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), TNI- Polri, Kajari, Satgas Covid dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanahdatar, sepakat membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Covid-19 di sekretariat Bawaslu setempat, Rabu (30/9) lalu.Tim itu akan bekerja mengawasi kegiatan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam tahapan masa kampanye di Pilkada Tanahdatar dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Ketua Bawaslu Tanahdatar, Hamdan mengatakan, pembentukan Pokja itu untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. “Pembentukan Pokja ini untuk mengefektifkan koordinasi antar lembaga dalam upaya pencegahan dan penanganan pelanggaran protokol Covid-19, khususnya menghadapi potensi pelanggaran selama tahapan Pilkada di Tanahdatar,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Tanahdatar, Irwandi Dt Maruhun Sati menyampaikan, pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasi dibentuknya Pokja tersebut. Dikatakan Sekda, melalui Pokja itu hendaknya penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam tahapan Pilkada yang sedang berlangsung bisa terkoordinir dengan baik, sebagai upaya pencegahan dan pengawasan termasuk untuk penindakannya.

“Karena Pokja ini berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada tahapan Pilkada, diharapkan unsur/lembaga yang tergabung dalam Pokja ini bisa saling bersinergi dan berkoordinasi,” pintanya. 

Senada, Kapolres Tanahdatar diwakili Kabag Ops, Kompol M. Ischak dan Kapolres Padangpanjang diwakili Kabag Ops AKP P. Simamora, mendukung dan siap membantu dalam hal tugas dan kerja-kerja Pokja yang meliputi pencegahan, pengawasan dan penindakan. 

Hal yang serupa juga disebutkan perwakilan dari Kodim 0307 dan Kejaksaan Negeri Tanahdatar. “Kita siap untuk membantu kesuksesan pelaksanaan Pilkada yang mengedepankan penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam Pandemi,” ujarnya.

Adapun struktur Kelompok Kerja Pencegahan, Pengawasan dan Penindakan Pelanggaran Protokol keehatan Covid -19 pada Pilkada 2020 di Tanahdatar, yakni terdiri dari unsur pembina Bupati Tanahdatar, Kapolres Tanahdatar dan Kapolres Padangpanjang, Dandim 0307 Tanahdatar dan Kajari Tanahdatar.

Sedangkan untuk posisi Ketua I dan Ketua II, yakni Bawaslu dan KPU Tanahdatar, sementara Sekretaris adalah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanahdatar.  Selanjutnya untuk Koordinator  pencegahan, pengawasan, dan penindakan serta anggotanya terdiri dari Satgas Covid 19, Bawaslu Tanahdatar, Kodim 0307, Kejaksaan, Kepolisian dan Satpol PP Tanahdatar. (nas) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PILKADA BUKITTINGGI, Yontrimansyah dan Chairunnas Dukungan Paslon Ramlan-Syahrizal

Kam Okt 1 , 2020
BUKITTINGGI, KP – Dua tokoh masyarakat Bukittinggi yang sempat menjadi bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi, Yontrimansyah-Chairunnas, mendukung penuh pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi dari jalur Independen, Ramlan Nurmatias-Syahrizal (RaSya). Dukungan itu disampaikan langsung kepada Ramlan Nurmatias-Syahrizal dan Tim Pemenangan RaSya, dalam kegiatan sosialisasi RaSya di salah […]