24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Ketua Bawaslu Agam : Walinagari Dilarang Terlibat dalam Politik Praktis

LUBUKBASUNG, KP – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam Elvys, mengingatkan Wali Nagari untuk tetap menjaga netralitas selama masa kampanye calon kepala daerah. Wali nagari dilarang untuk terlibat dalam politik praktis. “Kepala desa atau wali nagari juga dilarang terlibat dalam kampanye pasangan calon kepala daerah,” ujar Elvys usai pelaksanaan deklarasi pemilihan aman, damai dan sehat, Kamis (1/10).

Dijelaskannya, larangan tersebut sudah tertuang dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Dalam undang-undang tersebut, kepala desa atau wali nagari memilki peran sebagai pihak yang netral. “Kepala desa dilarang ikut serta dalam politik praktis dan tidak dapat juga menjadi tim kampanye atau tim sukses peserta Pemilu atau Pilkada,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dalam Pasal 282 dijelaskan pejabat negara, pejabat struktural dan pejabat fungsional dalam negeri, serta kepala desa dilarang membuat keputusan dan atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta Pemilu selama masa Kampanye. “Jadi wali nagari juga terikat dengan aturan terkait pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah,” tuturnya.

Elvys juga mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitas. Dikatakannya, selama masa kampanye pihaknya akan terus mengawasi keterlibataan ASN. “Berkaitan dengan ASN, Bawaslu akan mengawasi keterlibatan ASN, masyarakat juga dapat menyampaikan kepada Bawaslu jika menemukan ASN yang terlibat,” katanya.

Dengan dideklarasikannya pemilihan umum bandunsanak, pihaknya berharap semua pihak yang terlibat untuk dapat menaati semua aturan tentang pelaksanaan kampanye. “Dengan penandatanganan tadi sudah menunjukkan komitmen bersama bahwa Pemilu akan dilakukan secara aman, damai dan sehat, jadi diharapkan semua pihak untuk dapat menjaga suasana tersebut agar tercipta Pilkada bandunsanak,” ujarnya. (rzk)