Padangpariaman Bakal Buat Layanan Host to Host e-BPHTB

PARITMALINTANG, KP – Pemerintah Kabupaten Padangpariaman akan membuat Aplikasi berbasis online Host To Host e-BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) antara Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD).

Inspektur Hendra Aswara Hendra Aswara menjelaskan, e-BPHTB adalah layanan pembayaran, pelaporan dan verifikasi pembayaran bea perolehan hak atas tanah dan bangunan secara elektronik. Artinya saat ini masih dijalankan secara manual.

Itu berlaku untuk wajib pajak maupun Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) sebagai pihak yang melakukan kepengurusan tanah. Dalam prakteknya, host to host e-BPHTB terintegrasi melalui sistem jaringan antara BPKD dan BPN Kabupaten Padangpariaman.

“Implementasi e-BPHTB sebagai tindak lanjut arahan KPK RI. Kita target aplikasinya selesai dalam satu bulan,” ujar Hendra Aswara saat koordinasi di BPN Padangpariaman, Paritmalintang, Kamis (1/10).

Diharapkan adanya e-BPHTB ini bisa mempersingkat waktu layanan dalam pengurusan sertifikat tanah. Kemudian bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena transaksi dicatat secara real time.

Di tempat yang sama Kepala BPN Gatot Teja menyambut baik kerjasama dengan pemerintah daerah untuk implementasi host to host e-BPHTB.“Kita apreasiasi komitmen daerah dalam menindaklanjuti arahan KPK dan kami siap bantu dalam meningkatan PAD padangpariaman,” kata Gatot. (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Padangpanjang 100 Persen Bebas dari Masyarakat BAB Sembarangan

Kam Okt 1 , 2020
PADANGPANJANG, KP – Berkat tingginya kesadaran penuh masyarakat Padangpanjang yang sudah 100 persen tidak BAB sembarangan atau open defecation free (ODF), Kota Padangpanjang masuk nominator STBM Award Berkelanjutan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Saat ini, telah tercapai 100 persen masyarakat Kota Padangpanjang memiliki akses ke jamban sehat. Dengan beberapa […]